Bupati Haryanto : Rintis Usaha Tak Bisa Sekejap Mata

BABABE, PKRI-CYBER. PATI. Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) tahun 2020 PT Maju Berdikari Sejahtera Pati dan PT Mitra Desa Pati dilaksanakan Senin (29/6) di ruang Pragolo Setda Pati.

Hadir dalam rapat tersebut, Bupati Pati Haryanto bersama dengan Wakil Bupati Pati Saiful Arifin, ketua BUMDesma, dan perwakilan pemegang saham.

Bupati mengatakan penyelenggaraan RUPST merupakan bentuk keberanian dan tanggung jawab pihak manajemen. Menurut Bupati, dalam merintis usaha tidak seperti “lampu aladin” yang ingin apa saja langsung ada.

“Kalau perusahaan itu harus bertahap ada prosesnya. Apalagi saat ini sedang pandemi. Terlebih usaha yang dibangun dalam bidang jasa dan melibatkan banyak orang, serta di bidang kesehatan”, ujarnya.

Bupati melihat perkembangan satu tahun berjalan Klinik BUMDes Bersama yaitu usaha di bidang kesehatan yang diprakarsai 159 desa. Kendati saat ini belum memberikan dividen, Bupati menilai perlu melihat perkembangan di tahun kedua.

“Terlebih, sebagian dari 159 desa sudah terkumpul kurang lebih modal 5 miliar yang digunakan untuk pembelian maupun penyewaan aset. Aset tersebut juga bagian dari penyertaan modal,” jelasnya.

Bupati menegaskan, pembangunan klinik BUMDes yang menggunakan alokasi anggaran dana desa dari 159 desa yang menjalin kerjasama harus dijalankan bersama – sama.

“Dana desa jangan sampai digunakan untuk sarana prasarana saja melainkan bagaimana agar bisa berkembang”, tegasnya.

Selain itu, Bupati juga mencontohkan bahwa selama 10 tahun, PDAM Tirta Bening belum dapat memberikan dividen. Namun setelah ia dan Wakil Bupati Pati menjabat, mulai ada perkembangan.

“Setelah saya dan Pak Wakil menjabat PDAM Tirta Bening mulai ada perkembangan dan dapat memberikan dividen”, tandas Bupati. (po2/PO/MK)

Pimpinan Redaksi

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER