Pemkab Karo, DPRDSU dan BMKB Sumut Bersinergi Membangun Jalan Alternatif Karo – Medan

BABABE, PKRI-CYBER. KARO. Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH, MH, Ketua DRPDSU, Baskami Ginting, Ketua Komisi D DPRDSU Anwar Sani Tarigan dan Ingan Amin Barus Perwakilan Dapil XI (Karo-Dairi-Pakpak Bharat) beserta Kadis BMBK (Bina Marga Bina Konstruksi) Sumut, Ir HM Arman Effendi meninjau Jalan Provinsi di Simpang Tongkoh Kec. Dolat Rayat Kab. Karo Sumatera Utara, pada Kamis 16 Juli 2020.

Menurut Kadis Bina Marga Bina Konstruksi (BMBK) Ir HM Arman Effendi Pohan bahwa, Jalan Provinsi khusus di simpang Tongkoh mulai dari Tugu Jeruk ke Desa Basam Kec.Barus Jahe Kab.Karo rencana akan dibangun jalan memotong (alternatif) sehingga pelintas dari Medan yang selama ini melewati Simpang Tongkoh menuju Desa Basam, selanjutnya tidak menggunakan jalur ini lagi.

“Konsep strategi ini untuk memperluas ruang gerak jalan bagi yang ke Berastagi dari arah Medan tidak terganggu lagi, sebab sudah ada konsep jalur simpang tiga yang kita wacanakan akan dibangun pada tahun 2021nanti,” katanya.

” Hal ini juga bertujuan mengurai kemacetan sekitar jalur Tongkoh, sedangkan untuk pelepasan lahan, pihak BMBK sudah melakukan penjajakkan dengan pihak Provsu sebab ada lahan yang terkena milik Dinas Pertanian Provsu dan Dinas Kehutanan Provsu, sudah masuk dalam tahap koordinasi,” tutur Arman Effendi Pohan menjelaskan kepada rombongan DPRD Sumut dan Pemkab Karo.

Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH, MH yang didampingi Kepala Bappeda Karo Ir Nasib Sianturi, Msi, sangat mengapresiasi dan mendukung wacana perbaikan maupun pembangunan jalan. Pembangunan jalur alternatif tersebut tentunya mengantipasi kemacetan seperti saat akhir pekan dan liburan. Pemkab.Karo siap bersinergi agar lalu lintas jalan Provinsi Medan, Karo, Dairi, Pakpak Bharat dapat segera terealisasi demi meningkatkan roda perekonomian masyarakat.

”Pemkab Karo siap mendukung apa yang harus dilengkapi oleh pihaknya dalam memperlancar urusan adminitrasi sehingga terwujud jalur segitiga tersebut,” Kata Terkelin Brahmana.

Sementara itu Ketua Komisi D DPRD Sumut Anwar Sani Tarigan mengisyaratkan apabila ada pihak di Provsu yang hendak dikoordinasikan maka Komisi D DPRD SU, siap menjadi trigger dalam upaya menggolkan jalur segitiga emas tersebut.

Hal senada di utarakan anggota DPRD Sumut bahwa pembangunan infrastruktur harus merata dalam mendorong pertumbuhan ekonomi.

“Dari awal kita akan tampil terdepan mendukung pemerataan pembangunan, apalagi jalan ini salah satu daerah Dapilnya,” tutup Ingan Amin Barus anggota DPRD Sumut Dapil XI (Karo, Dairi, Pakpak Bharat).

Lia Hambali

Totop ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER