Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo, SH di dampingi Ketua TP PKK Ibu Nevi Zulfia Safaruddin dan rombongan, mengunjungi Wisata Budidaya Ikan.

Bupati Safaruddin Dt Bandaro Rajo, SH di dampingi Ketua TP PKK Ibu Nevi Zulfia Safaruddin dan rombongan, mengunjungi Wisata Budidaya Ikan.

PKRI NEWS, SUMBAR. Limapuluh Kota – Bupati Limapuluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, SH di dampingi Ketua TP PKK Ibu Nevi Zulfia Safaruddin dan rombongan, mengunjungi Raja Place, Senin ( 17-05-2021 ).

Budidaya ikan Gurame Sago di Kenagarian Suliki, Kecamatan Suliki, Kabupaten Limapuluh Kota, Sumatera Barat. Menjadi wahana UMKM yang menjadi prioritas utama dalam program bapak bupati.

Menurutnya Ikan Gurame memiliki prospek yang cerah baik lokal maupun regional, sehingga secara langsung sudah memiliki potensi pasar yang luas. Gurame memiliki daging yang padat dengan gizi yang baik, sehingga menjadi menu favorit untuk dikonsumsi oleh masyarakat.

Dalam hal ini. Mengingat kebutuhan para konsumen, Bupati Safaruddin Dt Bdr Rajo, sangat optimis dengan budidaya ikan gurame ini, karena dapat menjadi usaha alternatif masyarakat untuk peningkatan ekonomi secara umum di Kabupaten Limapuluh Kota.

Apalagi budidaya ikan air tawar di daerah juga menjadi bagian penopang ketahanan pangan.

Hal ini perlu ditindaklanjuti secara baik, ini inovasi masyarakat yang perlu didukung penuh Pemkab. Seperti penyediaan benih, induk dan pakan. Di harapkan budidaya Ikan Gurame Sago kedepannya harus memiliki siklus produksi berkesinambungan untuk meningkatkan pendapatan rakyat menuju kesejahteraan sosial masyarakat yang berkeadilan, harap Bupati.

Dalam dialognya dengan Bupati, Armendo pemilik Raja Place, menjelaskan bahwa Gurame Sago merupakan ikan asli Kabupaten Limapuluh Kota yang sudah ditetapkan Kementerian Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia (KKP-RI). Raja Place memproduksi benih jenis unggul untuk dibudidayakan ke masyarakat, karena Gurame Sago merupakan ikan yang diminati ditingkat Internasional.

Saat ini, khusus Gurame Sago, Raja Place belum bisa memenuhi permintaan lokal untuk dikonsumsi. Dengan program dan inovasi yang akan dikembangkan, kedepannya diharapkan permintaan atau kebutuhan konsumen dapat terpenuhi, imbuh Armendo.

Red-Mardianto Anto/Barito.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER