Pemkab Nias Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2023.

Pemkab Nias Gelar Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2023.

POLSUSWASKIANA, SUMUT. Nias – Bupati Nias Yaatulo Gulo,SE,SH,M.Si membuka secara resmi Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Kabupaten Nias Tahun 2023, di Ruang Serba Guna Lantai III Kantor Bupati Nias, pada hari Kamis (27/01/2022).

Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Kabupaten Nias diawali denganĀ  laporan Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan Sekretaris Bappedalitbang KabupatenĀ  Nias Bernard Nazara,ST,ME, menyampaikan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk menyusun Rancangan dan sasaran arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Nias Tahun 2023 dengan memperhatikan kondisi Daerah menuju Kabupaten Nias Maju.

Bupati Nias Yaatulo Gulo,SE,SH,M.Si pada sambutannya menjelaskan bahwa Penyusunan RKPD berdasarkan Permendagri RI Nomor 86 Tahun 2017, dimana salah satu Tahapan Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah adalah Penyusunan Rancangan Awal RKPD dengan mempedomani RPJMD Kabupaten/Kota, Program Strategis Nasional dan Pedoman Penyusunan RKPD.

“RKPD Tahun 2023 memiliki arti yang sangat Strategis untuk memperkuat Ketahanan Ekonomi untuk Pertumbuhan Ekonomi yang Berkualitas dan Berkeadilan menuju Kemandirian Daerah. Arah Kebijakan Pembangunan akan difokuskan pada Peningkatan Daya Dukung dan Kualitas Sumber Daya Ekonomi sebagai Faktor Pendorong Pembangunan Ekonomi yang berkelanjutan, serta Meningkatnya Nilai tambah, Lapangan kerja, Investasi dan Daya Saing Perekonomian” Ungkap Bupati Nias.

Lebih lanjut, Bupati Nias Ya’atulo Gulo,SE,SH,M.Si menyampaikan bahwa menghadapi Tahun Pembangunan 2023 yang akan datang diperlukan kerjasama dan keterpaduan semua Pemangku Kepentingan Pembangunan sehingga beberapa isu Strategis Pembangunan yang mendesak dapat ditangani oleh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nias yakni, Pembangunan di Bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan.

Oleh karena itu, untuk lebih mempertajam Skala Prioritas tersebut dituangkan dalam bentuk Indikator-indikator Pembangunan dengan berdasarkan pada Tri Sakti Nias Maju. Sehingga dengan adanya Indikator Pembangunan dapat memudahkan Pemkab Nias untuk mengatasinya dengan cara yang Inovatif, Efisien dengan dibarengi Kerja Fokus dan Cerdas dari seluruh Aparatur Pemerintah Daerah.

Mengakhiri sambutannya, Bupati Nias berpesan agar Pokok-pokok arahan ini dapat digunakan sebagai Pedoman dalam Merumuskan Program Kegiatan Pembangunan Tahun 2023 serta dapat menghasilkan daftar Prioritas yang nantinya akan dimuat dalam Kebijakan, Program, dan Kegiatan Pembangunan demi Kemajuan Kabupaten Nias dalam seluruh Aspek.

Forum Konsultasi Publik Ranwal RKPD Tahun 2023 dihadiri oleh Wakil Bupati Nias Arota Lase,A.Md, Sekretaris Daerah Kab. Nias Samson P. Zai,SH,MH, Wakil Ketua DPRD Kab. Nias Sabayuti Gulo, para Staf Ahli Bupati Nias, para Asisten Sekda Kab. Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Nias, para Kabag Lingkup Setda Kab. Nias, Camat Se-Kabupaten Nias, Pimpinan Instansi Vertikal, Pimpinan BUMD, Ketua dan Anggota Tim PKK Kab. Nias, Lembaga Swadaya Masyarakat dan Tokoh Masyarakat.

(MM)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER