Bupati Nias Tegaskan, Penyusunan Renja Pemerintah Daerah Wajib Berorientasi Dengan Kondisi Daerah.

POLSUSWASKIANA, SUMUT. Nias – Bupati Nias Ya’atulo Gulo, SE., SH., M.Si, Tegaskan Renja Pemerintah Daerah Tahun 2023 sangatlah penting dan Strategis untuk memperkuat Ketahanan Ekonomi demi Pertumbuhan yang Berkualitas dan berkeadilan menuju kemandirian Daerah. Hal itu ditegaskan Bupati Nias pada saat membuka Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Penyusunan Ranwal RKPD Tahun 2023 yang di Gelar pada hari Rabu (16/02/2022) di Gedung Serbaguna Howu Howu Desa Lasara Idanoi Kecamatan Gido Kabupaten Nias.

Dikatakan Bupati Nias Ya’atulo Gulo Penyusunan Renja Pemerintah Daerah wajib memperhatikan Sasaran dan Arah Kebijakan Pembangunan dengan menganalisis Gambaran Umum kondisi Daerah, kapasitas riil Keuangan Daerah serta pemangku kepentingan Pembangunan lainnya khususnya dalam Proses Perencanaan.” Jelasnya.

Lanjut Bupati, dalam menghadapi Tahun Pembangunan 2023, beberapa Isu Strategis yang sangat mendesak dan dapat ditangani oleh Masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Nias antara lain Bidang Infrastruktur, Pendidikan, Kesehatan, Ekonomi dan Penanggulangan Kemiskinan, Pemerintahan dan Aparatur.

“Untuk menghadapi Isu Strategis tersebut Pemkab Nias perlu mempertajam Skala Prioritas dan Sasaran Pokok Pembangunan dalam berbagai Aspek dan dimensi Kehidupan dengan memanfaatkan Potensi Wilayah baik secara Fisik, Ekonomi, Sosial Budaya serta dukungan Faktor Eksternal di Tingkat Regional dan Nasional demi terwujudnya Kabupaten Nias Maju.” Ujar Bupati Nias.

Bupati Nias juga berharap agar Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah ini dapat dijadikan sebagai Sarana untuk Membangun Komitmen bersama di antara pemangku kepentingan dalam Pencapaian Pembangunan yang Berkualitas, Transparan dan Akuntabel. Selain itu, Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Nias harus mampu mengidentifikasi serta menseleksi setiap Usulan Pembangunan agar Prioritas dan Sasaran Pembangunan dapat tercapai sehingga bisa berdampak dan bermanfaat bagi Masyarakat Kabupaten Nias.

Plt. Kepala Bappedalitbang Kabupaten Nias Jellysman B. Geya, S.STP., M. Si. mengatakan bahwa Tujuan Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah/Lintas Perangkat Daerah untuk menggali Saran dan masukan, serta arah Kebijakan, Program dan Kegiatan Perangkat Daerah Tahun 2023.

“Berdasarkan Permendagri No. 86 Tahun 2017, salah satu tahapan penyusunan Renja Pemerintah Daerah adalah Penyusunan Ranwal RKPD dengan Mempedomani RPJMD Kabupaten/Kota, RKPD Provinsi, dan RKPD Pemerintah Pusat” Jelasnya.

Pada forum Perangkat Daerah tersebut Turut dihadiri Wakil Bupati Nias, Sekda Kab. Nias, Staf Ahli Bupati Nias, Asisten Sekda Kab. Nias, Kepala Perangkat Daerah Lingkup Pemkab Nias, Kabag Lingkup Setda Kab. Nias, Camat Se-Kabupaten Nias, Pimpinan Instansi Vertikal/LSM/Pers, Tokoh Masyarakat dan Delegasi masing-masing Kecamatan.

(Yasona Zendrato)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER