Hentikan,,,!!! Kekerasan Terhadap Wartawan, KWAK Kep-Nias Gelar Aksi Damai Di Polres Nias..

POSUSWASKIANA – SUMUT. Gunungsitoli – Komunitas Wartawan Anti Kriminalisasi (KWAK) Kepulauan Nias berbagai Media Cetak dan Online datangi Polres Nias, Serukan Aksi Damai Nyatakan Sikap Stop…!!! Kekerasan terhadap Wartawan, pada hari Senin (28/03/2022).

KWAK Kep-Nias berkumpul di Lapangan Merdeka Kota Gunungsitoli berangkat menuju Mapolres Nias mengendarai puluhan Sepeda Motor menyuarakan Orasi Penolakan Kekerasan/Intimidasi terhadap Wartawan dalam segala bentuk apapun kepada Jurnalis yang melaksanakan Tugas dilapangan.

Terlihat Rombongan KWAK Kep-Nias di Kawal Ketat Personil Polres Nias dari Lapangan Merdeka Gunungsitoli menuju Polres Nias.

Korlap Pimpinan Aksi Rahmat Juang Gulo menyampaikan dalam Orasinya, Aksi Damai ini kami lakukan bersama seluruh Rekan-rekan Wartawan di Polres Nias terkait Penganiayaan/Intimidasi Pemukulan terhadap Rekan kami Jurnalis yang sedang melaksanakan Tugas Liputan pada tanggal 12 Maret 2022 lalu di Pelabuhan Angin Kota Gunungsitoli diduga Pelaku pemukulan tersebut Oknum Premanisme Pelabuhan yang sengaja menutupi Laporan Masyarat tentang ada Pungli kepada Penumpang Kapal.

“Tujuan kedatang kami di Polres Nias menyampaikan Sikap dan mendukung Penuh pihak Polres Nias untuk menangkap Oknum yang melakukan Penganiayaan terhadap Wartawan, karena kami Wartawan di Lindungi oleh Undang-Undang dan punya Kode Etik.” Dalam Orasi Korlap Juang Gulo.

Lanjut, Juang Gulo Kami sangat berterimakasih dan Apresiasi kepada Bapak Kapolres Nias bahwa Aksi kami pada hari ini diterima dan direspon dengan baik. Kami sampaikan Pernyataan sikap ada dua Item yaitu;

1). Segera Polres Nias menangkap secepatnya pelaku Penganiayaan terhadap Rekan kami Jurnalis dan

2). Proses sesuai Hukum yang berlaku di NKRI dan seadil-adilnya serta keterbukaan Publik.

Terpantau dilapangan, sejumlah Rombongan Aksi membawa Spanduk yang berisi berbagai Logo Media Cetak dan Online serta bertulisan “Aksi Solidaritas” Stop…!!! Kekerasan terhadap Wartawan”.

Wakil Kapolres Nias, Kompol Eniali Hulu,SH.,MH, saat dimintai Tanggapannya oleh Rombongan Aksi KWAK Kep-Nias mengatakan bahwa apa yang telah Rekan-rekan Wartawan sampaikan kami sambut baik dan Surat Pernyataan Sikap telah diterima oleh Kepala Bidang Reskrim Polres Nias dan secepatnya kita tindak lanjut.

“Dalam hal ini Kami Petugas Kepolisian sebagai Pelindung, Pengayom Masyarakat dan Penegak Hukum akan segera Memproses dan menindak Lanjuti. Ada tiga Laporan Pengaduan yang sudah kita terima dan masing-masing Laporan dalam Tahap Proses Penyelidikan Polres Nias,” Ungkap Wakapolres.

Pada kesempatan tersebut, Wakapolres Nias Eniali Hulu,SH.,MH, menyampaikan berharap kepada teman-teman Wartawan, apabila diundang untuk memberi Keterangan Rangkaian Penyelidikan Laporan Pengaduan kiranya secepatnya menghadap guna dalam Proses Penyelidikan.

“Bila sudah selesai Penyelidikan maka kita akan Laksanakan Gelar Perkara, Apakah memenuhi Unsur Ke Tahap Penyidikan atau tidak, itu semua tergantung hasil dari pada Pemeriksaan Saksi-saksi di TKP serta Bukti yang kuat lainnya.” Tegas Wakapolres Nias.

(Yasona Zendrato)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER