Plt. Wali Kota Pematangsiantar ingatkan 42 Calon Jamaah Haji Tahun 2022 Kota Pematangsiantar untuk jaga Kesehatan

POLSUSWASKIANA – SUMUT, SIANTAR. 30-05-2022. Selama dua tahun terakhir tidak ada calon jamaah haji dari Indonesia yang berangkat ke Tanah Suci akibat pandemi Covid-19. dan ditahun 2022 ini, pemerintah Indonesia kembali memberangkatkan calon jamaah haji.

Untuk Kota Pematangsiantar, tahun ini memberangkatkan 42 calon jamaah haji, yakni 17 orang laki-laki dan 25 orang perempuan, dan
kegiatan ini memiliki dasar hukum Peraturan Pemerintah No 8 Tahun 2022 tentang Koordinasi Penyelenggaraan Ibadah Haji sebut Kabag Kesra Pemerintah Kota Pematangsiantar Hamzah Fansuri Damanik, SSTP dalam Laporannya pada acara Manasik Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar di gedung Serbaguna Brimob Pematangsiantar dan untuk Kloter Jama’ah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar 2022 akan diberitahukan secepatnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Kemenag Kota Pematangsiantar Drs HM Hasbi MH menerangkan, sejauh ini Kloter Sumatera Utara selama 10-20 Juni 2022 belum diterima, Jadi sampai saat ini Kloter untuk Kota Pematangsiantar belum kita ketahui, karena di pusat masih disusun Kloter-Kloter se-Indonesia yang dibagi 3 zona, yaitu Zona Barat, Zona Tengah, dan Zona TImur. Saya berharap kepada Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar 2022 untuk bersabar,” terangnya.

Dilanjutkannya, Jamaah Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar 2022 akan melakukan Manasik Haji enam kali, yakni tanggal 1-6 Juni 2022. Sebanyak 2 kali di tingkat Kota Pematangsiantar dan 4 kali di tingkat kecamatan.

“Saya berharap kepada Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar 2022 bisa mengikuti keenam kali Manasik Haji tersebut,” tandasnya.

Plt Wali Kota Pematangsiantar dr Susanti Dewayani SpA dalam sambutannya mengaku melihat wajah para Jamaah Calon Haji/Hajjah sangat
cerah, gembira, namun agak sedikit tegang.

“Saya mengerti Bapak/Ibu sekalian, karena mungkin bapak/ibu ada yang sekian kali melaksanakan ibadah Haji, juga ada yang baru pertama kali melaksanakan ibadah Haji,” katanya.

Ia mengingatkan Jamaah Calon Haji/Hajjah untuk membawa barang-barang yang seperlunya saja.

“Karena banyak Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji/Hajjah membawa banyak barang yang kurang diperlukan, sehingga nanti ketika dilakukan pemeriksaan pihak bandara, tidak menjadi kendala buat Bapak/Ibu,” sebutnya.

Plt Wali Kota Susanti mengingatkan Bapak/Ibu Jamaah Calon Haji/Hajjah untuk senantiasa menjaga kesehatan menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Karena sangat dibutuhkan fisik yang prima dalam pelaksanaan ibadah Haji.

“Saya mengucapakan selamat kepada Bapak/Ibu yang memenuhi panggilan Allah untuk melaksanakan Ibadah Haji tahun 2022 ini. Saya doakan Bapak/Ibu semoga menjadi Haji dan Hajjah yang Mabrur dan Mabrurah. Tak lupa saya bermohon agar Bapak/Ibu sekalian mendoakan Kota Pematangsiantar Bangkit dan Maju sehingga terwujud masyarakat yang Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas,” terangnya.

Tampak hadir, Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Pematangsiantar Budi Utari Siregar AP, Pembimbing Manasik Haji Ustad Abdul Haris Nasution, Kabag Protokol dan Komunikasi Pimpinan Pemerintah Kota Pematangsiantar Mardiana SH, serta para Calon Haji/Hajjah Kota Pematangsiantar 2022.

Rep/Gisel-700YCE.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER