Menuju 2023 Kongres Kebudayaan Batak Toba II

Menuju 2023 Kongres Kebudayaan Batak Toba II

POLSUSWASKIANA РTAPAULI, Toba. TB Silalahi Center 22/10/2022. Pelaksanaan KBBT dinyatakan sukses, Ketua Panitia Prof Sibarani yang ditemui pada acara kegiatan mengatakan kegiatan ini adalah sukses awal Kebudayaan Batak, dan akan menjadikan tugas kedua bagi kita semua bangso Batak ungkapnya.

Prof Sibarani mengatakan untuk tahun depan berharap ada daerah yang sanggup menjadi tuan rumah kegiatan Kongres Kebudayaan Batak Toba II.

Danjend MB PKRI CADSENA yang ikut sebagai peserta menyatakan besar Apresiasi atas pemikiran pemikiran yang luar biasa ini, Totop Simangunsong menyatakan bahwa kegiatan kongres ini adalah kegiatan yang sangat luar bisa hebat, sehingga menjadi Bangso Batak bangun dari jiwa Batak nya yang sejak lahir telah ada, seluruh Bangso Batak khususnya kaum ibu akan melihat bagaimana anak anaknya dapat berbahasa Batak secara baik dan juga menulis aksara Batak yang selama ini hampir terlupakan.

Dalam keterangan nya juga didapatkan bahwa Pihak Batak Center yang juga ambisius untuk kegiatan Kongres II nanti, dan berharap ada usulan dari Bangso Batak Kab Tapanuli Utara yang siap menjadikan Tapanuli Utara sebagai tuan rumah, ungkap Ir Joyce Manik.

Dukungan demi dukungan juga semakin bermunculan baik dari pihak Bangso batak Tapanuli Selatan juga Bangso Batak Samosir dan Bangso Batak Humbahas, untuk mengusulkan sebagai Tuan Rumah Pelaksanaan Kongres II Kebudayaan Batak Toba nanti ungkap Prof Sibarani.

Harapan-harapan kegiatan Kongres ini kedepannya akan menjadikan Nilai Nilai Luhur Batak masuk menjadi salah satu pendidikan khususnya bagi tingkat Sekolah Dasar Hingga SMA dengan materi materi yang akan disiapkan dan disusun oleh para perumus untuk diusulkan ke kementerian pendidikan sebagai mana surat kementerian pendidikan akan mata pelajaran Sastra dan bahasa Batak Toba.

Tampil Ir Joyce Manik penyampaian langsung pada kegiatan penutup mengatakan bahwa alangkah baiknya dan dapat dilakukan sekali dua tahun. Dan memang bukan ada ikatan politik melihat kegiatan nanti di tahun 2024.

Saya sudah bicarakan dengan Prof. Sibarani dan juga Bupati Taput, Drs. Nikson Nababan untuk usulan dan kesiapan Tarutung dan Taput sebagai Tuan Rumah Kongres Budaya Batak Toba yang ke II. Mudah-mudahan komite menyepakati usulan ini ungkap Prof Hutauruk.

Prof Hutauruk mengatakan bahwa Kegiatan Kongres II Kebudayaan Batak Toba akan dapat dipastikan terselenggaranya  di Kabupaten Tapanuli Utara.

Rep/700YCE.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER