RAT KUD Karya Indah Sukses digelar.

RAT KUD Karya Indah Sukses digelar.

POLSUSWASKIANA – JAMBI, BATANGCENAKU – Rapat Anggota Tahunan (RAT) KUD Karya Indah Desa Sipang Kecamatan Batang Cenaku Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu) yang bermitra dengan PT Arvena Sepakat (AS) sukses digelar oleh pengurus yang baru bersama anggota petani pada, Jumat (30/12/2022).

Kendati sukses digelar, namun sangat disayangkan eks pengurus KUD Karya Indah tak ada satupun yang nampak batang hidungnya alias mangkir dalam RAT yang seharusnya masih menjadi tanggung jawab mereka. Sesuai pantauan dilokasi, eks pengurus yang hadir hanya Tabri selaku eks Badan Pengawas (BP) saja.

Sebelum mengundurkan diri selaku ketua KUD Karya Indah, Zulkarnain diketahui dan dituntut oleh ratusan anggota petani untuk menyelesaikan Laporan Pertanggungjawaban (LPJ) berupa neraca keuangan sejak berdirinya KUD tersebut pada sepuluh tahun silam itu.

,” Eks ketua KUD (Zulkarnain -Red) tak hadir, padahal yang kami harapkan dia hadir untuk menyampaikan tanggung jawab nya semasa KUD ini dipegang olehnya,” sesal sejumlah peserta RAT, salah satunya Amer disela sela acara tersebut.

Dikatakan Amer, seyogyanya Zulkarnain Sudi hadir dalam RAT, hal itu agar polemik terkait beberapa tuntutan petani mengenai Dana Bagi Hasil (DBH), simpanan wajib dan simpanan pokok, dana PPH, dana royal kos sebesar Rp 51 Milyar untuk pembangunan kebun plasma seluas 778 hektar dapat secara gamblang dia terangkan dihadapan para anggota KUD.

,” Zulkarnain tak hadir, justru dia sejak senja sekira jam 6 pagi sudah keluar rumah. Itu namanya menghindari masalah, ” sebut Amer.

Sementara itu, ketua KUD Karya Indah yang baru, Jamaris dikonfirmasi terkait tak ada eks pengurus yang hadir membenarkan hal itu. Menurutnya, pihaknya bersama BP sudah melayangkan surat undangan terhadap yang bersangkutan.

,” Sudah kita surati. Akan tetapi apa alasan yang bersangkutan bersama eks pengurus lainnya tak hadir saya kurang tahu. Yang hadir hanya pak Tabri selaku BP,” jelas Jamaris.

Sementara itu, Tabri selaku BP di KUD Karya Indah juga menyesalkan eks pengurus tak hadir pada RAT ini. Transparansi eks pengurus, kata Tabri, sangatlah dinantikan oleh pengurus yang baru begitu juga ratusan anggota petani.

,” Seharusnya mereka eks pengurus hadir, agar tuntutan anggota dapat secara gamblang dijelaskan olehnya. Dengan pertangungjawaban itu, tentu akan menjadikan pengurus baru lebih mudah dalam menjalankan KUD ini agar lebih maju ,” ucap Tabri.

Terpantau media ini, jalannya RAT hanya terlontar beberapa pertanyaan dari para anggota petani, salah satunya terkait tanggung jawab pihak PT AS untuk menyulami pokok Kelapa Sawit plasma yang kosong. Sementara pengurus KUD yang baru menyampaikan beberapa wacana yang akan dilakukan untuk memajukan koperasi. Dari sekian gagasan dan wacana itu salah satunya perbaikan jalan Kelopak tani (Poktan) menggunakan alat berat serta pembuatan portal di jalan tersebut.

Hadir dalam RAT, Camat Batang Cenaku, Triyatno, SST.MSi, kades Sipang,Yusri, BP KUD Karya Indah,Tabri, ketua KUD Karya Indah, Jamaris,SH bersama Sekretaris, Eka Putra, S.Pd l, manager PT AS, Maryandi didampingi humas, Robert Edward.

Selain itu, hadir juga didalamnya beberapa Ketua Poktan diantarnya, Sopiyan, Amer, Eris, Marwin, M.Arip, Ependi, Idris begitu juga puluhan anggota petani KUD Karya Indah.(in)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER