Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo : Musrenbang Merupakan Bagian Penentu Keberhasilan Pembangunan Daerah

Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo : Musrenbang Merupakan Bagian Penentu Keberhasilan Pembangunan Daerah

POLSUSWASKIANA – SUMBAR, LIMAPULUH KOTA. Agenda prioritas yang telah dirumuskan dalam RPJMD tahun 2021-2026, sangat relevan untuk dijadikan landasan penyusunan program dan kegiatan pada pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) RKPD 2024, dimana Pemerintah Daerah harus fokus pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia, intervensi penurunan angka stunting, penghapusan kemiskinan ekstrim, mewujudkan 100 persen rumah layak huni dan persoalan-persoalan akar rumput yang terjadi di masyarakat Limapuluh Kota.

Hal itu di sampaikan Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo saat memberikan sambutan pada acara Musrenbang RKPD 2024 Kecamatan Akabiluru yang di laksanakan di aula Kantor Camat Akabiluru, pada Kamis (09/02/2023).

Musrenbang tersebut di hadiri oleh Camat Akabiluru Nuzul Firman, seluruh Walinagari, tokoh masyarakat dan unsur Forkopimca Akabiluru dan segenap Kepala OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota sekaligus menjadi Musrenbang tingkat Kecamatan ke 13 atau yang terakhir dilaksanakan di Kabupaten Limapuluh Kota.

Kata Bupati Safaruddin, pelaksanaan pembangunan daerah yang mengacu pada RPJMD Kabupaten Limapuluh Kota tahun 2021-2026 merupakan upaya sistematik dalam pemanfaatan sumber daya yang dimiliki oleh daerah dan ditujukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Melalui upaya peningkatan kesempatan kerja, membuka lapangan usaha, peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik serta meningkatkan daya saing daerah.

Berdasarkan evaluasi pencapaian target Indikator Kinerja Utama (IKU) Kepala Daerah dan Indikator Kinerja Daerah (IKD) sampai tahun 2022, ada beberapa indikator yang belum tercapai dan menjadi perhatian serius untuk kita capai tahun 2023 maupun tahun 2024 yang akan datang, diantaranya persentase gedung strategis yang saat ini masih di angka 71,74 persen, kondisi jalan kabupaten baru mencapai 53,96 persen, sedangkan akses air bersih sudah mencapai 81,70 persen dan sektor strategis lainnya.

Di penghujung sambutan nya, Bupati Safaruddin meminta seluruh elemen masyarakat untuk dapat saling bersinergi dan bekerjasama dalam merencanakan program dan kegiatan pembangunan di daerah agar segala bentuk kegiatan dapat terarah, terpadu dan tepat sasaran, pungkas Bupati.

Rel – Mardianto Anto

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER