POKOK-POKOK ARAHAN BUPATI BARITO TIMUR PADA MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2023

POKOK-POKOK ARAHAN BUPATI BARITO TIMUR PADA MUSRENBANG KECAMATAN TAHUN 2023

POLSUSWASKIANA – KALTENG, Barito Timur. Musrenbang Tingkat Kecamatan Tahun 2023 ini kita laksanakan secara zoom dari Perangkat Daerah dan luring di Kecamatan, hal ini kita lakukan dalam rangka menjaga protokol kesehatan, dan masih waspada terhadap potensi penularan Covid-19.

Sambutan Bupati Barito Timur dibuka dengan Salam Sejahtera Bagi Kita Sekalian, Shalom, Om Swasti Astu, Namo Buddhaya, Salam Kebajikan dan Selamat Pagi,

Bupati juga menyampaikan terimakasih kepada Anggota Dewan dari Dapil Kecamatan, juga Wakil Bupati Barito Timur; Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur; Asisten I, Asisten II dan Asisten III Setda Kab. Barito Timur; Kepala Badan/Dinas/Kantor Unit Satuan Kerja di Kabupaten Barito Timur; Camat/Forum Koordinasi Pimpinan Kecamatan, Fasilitator Kecamatan, Tim Penggerak PKK Kecamatan, Kepala Desa, Ketua BPD di lingkungan Kecamatan.

Tak lupa Bupati juga menyampaikan salam kepada para Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, LSM, Wartawan serta seluruh undangan dan hadirin sekalian yang berbahagia.

Musrenbang dilaksanakan untuk mengakomodir aspirasi dari masyarakat, dimana hasil dari Musrenbang nantinya diharapkan dapat mengakomodir sebagian besar usulan masyarakat secara bertahap dan berkesinambungan, yang selanjutnya akan tertuang di dalam Renja Perangkat Daerah Tahun 2024. Untuk usulan Musrenbang Tahun Anggaran 2024, seluruh Kecamatan akan menginput hasil Musrenbang Desa baik secara online maupun offline dengan menggunakan aplikasi SIPD, sehingga kedepannya usulan Musrenbang Desa maupun Kecamatan yang tidak terakomodir tidak hilang begitu saja melainkan ada daftar prioritas dan daftar tunggu untuk program dan kegiatan untuk dilaksanakan tahun berikutnya.

Dari penyelenggaraan Musrenbang ini diharapkan akan terus diperbaiki dan sistem perencanaan pembangunan untuk tahun-tahun yang akan datang akan lebih baik lagi dengan melibatkan unsur-unsur pengambil kebijakan tingkat Kabupaten seperti Dinas/Badan/Unit Satuan Kerja dan anggota DPRD Kabupaten Barito Timur sesuai Dapil masing-masing sebagai tenaga fasilitator Musrenbang Kecamatan Tahun 2023, hal ini dimaksudkan agar kita dapat mengetahui secara jelas apa yang menjadi prioritas pembangunan sesuai dengan kebutuhan pembangunan untuk masing-masing wilayah Desa/Kelurahan dan Kecamatan sesuai dengan kemampuan dan ketersediaan keuangan daerah yang ada.

Hadirin sekalian yang saya hormati. Khusus untuk Program dan Kegiatan Pembangunan Tahun 2024 yang nanti kita bahas bersama berdasarkan hasil Musrenbangdes/ Kelurahan yang telah dilaksanakan masing-masing desa/kelurahan dan dengan mengacu pada Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Kabupaten Barito Timur Tahun 2024-2026. Pada tahun 2024 pembangunan Kabupaten Barito Timur berlandaskan pada pelaksanaan, pencapaian dan keberlanjutan pembangunan tahun-tahun sebelumnya. Berdasarkan hal tersebut, maka tema pembangunan Kabupaten Barito Timur pada Tahun 2024 adalah “PENGEMBANGAN EKONOMI DAERAH MELALUI OPTIMALISASI SUMBERDAYA LOKAL DISERTAI PENINGKATAN KUALITAS JARINGAN INFRASTRUKTUR DAN SUMBER DAYA MANUSIA YANG HANDAL”.

Untuk menjawab tema tersebut pada Tahun 2024 yang harus dilakukan adalah peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), peningkatan Infrastruktur, meningkatkan struktur perekonomian, pengembangan industri berbasis kawasan dan optimalisasi sumberdaya lokal.

Pada Tahun 2024 diharapkan masyarakat Kabupaten Barito Timur menjadi masyarakat yang maju, handal dalam menyelesaikan berbagai masalah dan lebih mandiri dengan memaksimalkan segala potensi daerah dan mampu memberikan kontribusi yang terbaik bagi pembangunan daerah Kabupaten Barito Timur.

Diharapkan usulan yang disampaikan merupakan percepatan untuk mencapai tema pembangunan tersebut.

Demikian pengantar dari saya, selamat berdiskusi dan bermusyawarah, semoga apa yang kita laksanakan saat ini dapat bermanfaat untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat Barito Timur yang kita cintai bersama menuju “Gumi Jari Janang Kalalawah”.

Dan atas nama yang hadir dengan mengucapkan Puji dan Syukur ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa Musrenbang Kecamatan ini saya buka dengan resmi.

Rep/Cuan Li/Elsa.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER