LEPAS ANAK PAUD SE – KECAMATAN DOLOK SANGGUL OLEH BUNDA PAUD

LEPAS ANAK PAUD SE – KECAMATAN DOLOK SANGGUL OLEH BUNDA PAUD

PKRI News, TAPAULI. Humbahas. Bunda PAUD Kabupaten Humbang Hasundutan Ny Lidia Dosmar Banjarnahor lepas anak – anak PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Se – Kecamatan Doloksanggul bertempat di Aula Huta Mas, pada hari Rabu tanggal 14/6/2023. Dalam pelepasan itu dilakukan kegiatan gasing anak PAUD dalam rangka mensukseskan gerakan transisi PAUD ke SD (Sekolah Dasar) yang menyenangkan.

Bunda PAUD Humbang Hasundutan Ny Lidia Dosmar Banjarnahor menjelaskan dalam mensukseskan gerakan transisi itu, dengan melaksanakan tiga target gerakan perubahan. Pertama, satuan pendidikan hilangkan tes Calistung (baca tulis hitung) saat proses penerimaan peserta didik baru SD. kedua, menerapkan masa perkenalan bagi peserta didik baru selama dua minggu pertama (di PAUD dan SD) dan ketiga, menerapkan pembelajaran yang membangun enam (6) kemampuan fondasi anak, baik di PAUD maupun SD.

Transisi PAUD ke SD merupakan program yang berisi proses untuk mendukung kesiapan belajar bagi anak Usia dini yang akan memasuki jenjang SD. Proses ini juga dapat mempengaruhi keberhasilan anak dalam melakukan penyesuaian di jenjang pendidikan dasar. Peran serta semua pihak, khususnya Kepala Sekolah SD, guru dan penyelenggara PAUD diharapkan sudah mengetahui serta berperan harapkan aktif dalam mensukseskan gerakan transisi PAUD menuju Sekolah Dasar (SD).

Pendidikan sangat memerlukan penerapan pembelajaran serta membangun enam kemampuan Fondasj anak yaitu mengenal nilai agama dan budi pekerti, ketrampilan sosial dan bahasa untuk berinteraksi. kematangan emosi emosi untuk berkegiatan dilingkungan belajar. kematangan kognitif untuk melakukan kegiatan belajar, seperti kepemilikan dasar literasi, numerasi. Pengembangan ketrampilan motorik serta perawatan diri secara mandiri termasuk pemaknaan terhadap belajar yang positif.

WERSON TOGATOROP

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER