Badan Riset Dan Inovasi Nasional ,Komunikasi Publik BRIN Untuk Masyarakat

Badan Riset Dan Inovasi Nasional ,Komunikasi Publik BRIN Untuk Masyarakat

PKRI CYBER, KALTENG.Tamiang Layang – Kabupaten Barito Timur – Brin Laksanakan Kegiatan Badan Riset Dan Inovasi Nasional ,Komunikasi Publik BRIN Untuk Masyarakat. Sosialisasi Teknologi Pengolahan Sayur Dan Buah ,kegiatan dilaksanakan bertempat diruang Aula Dinas Pertanian Barito Timur (7 Desember 2023.)

Muhamad Al Ansyari.,Bidang staf DPR RI.,mewakili DPR RI an.Iwan Kurniawan ., Kegiatan ini juga kami, setiap Perwakilan daerah dapat membantu menyukseskan setiap kegiatan ini , kita undang masyarakatnya ,semua terdiri dari lapisan masyarakat dan bentuk undang ini bebas tidak hanya untuk kelompok tani, tetapi masyarakat dan ini adalah program hilirisasi salah satu juga program presiden Jokowi salah satunya untuk menuju IKN buah dan sayur,kerjasama juga dengan sudah semakin terus berprogres setiap kabupaten.

Kegiatan dihadiri Mantan Kepala Dinas Pertanian juga pernah menduduki jabatan Sekda Bartim ( ” Bebas Tugas” ) dan saat ini menjabat Ketua partai Gerindra Ir.Eskop,segenap masing – kepala desa sebagai binaan masyarakat desa ,kelompok tani, dalam ikut serta membangun sektor pertanian ,dan warga masyarakat masing – masing desa juga ikut hadir dalam acara BRIN sebagai mana dimaksud,”

Kegiatan ini mengarah ke program badan Riset Inovasi Nasional yaitu BRIN , ini dulunya adalah lembaga Riset gabungan adalah tahun ini untuk mencoba artinya semua dalam program .ujarnya.

Dilanjutkan Muhamad,” Yang bergabung di BRIN ini kalau dulu kan ada 8 ada lipi ada bapeten ada macam-macam ada 12 kalau tidak salah yang tergabung jadi BRIN mencoba artinya semua riset yang ada di dalam artinya mengajarkan ke masyarakat mereka setiap perwakilan masyarakat kita , bebas tidak hanya untuk kelompok kami, tapi ada juga beberapa dari masyarakat juga hadir dalam kegiatan ini.,ujarnya.

Ungkap Muhamad ,” bahwa kita harus selalu siap dalam setiap melaksanakan tugas dalam segala bidang,” harapannya ke depannya semakin banyak kita mensosialisasikan program-program yang untuk meningkatkan SDM masyarakat untuk mempersiapkan kita sebagai pengelolaannya nah kalau BRIN ini mereka lebih control ke risetnya sampai pada disiplin ilmuan ,lanjutnya,”

,” Dari pengolahan disampaikan Muhammad,jadi artinya program ini dalam pembimbingan melalui kementerian sedangkan untuk anggaran itu mereka tidak punya hanya untuk Brin sebagai penyelanggara.

Sosialisasi ini juga termasuk secara langsung sebagai bentuk diskusi kepada lapisan masyarakat sebagai peserta dalam setiap kegiatan program BRIN.

Sambung ,” Muhamad… dan itupun sesuai adanya usulan dari masing – masing desa setempat sebagai serta dalam pengelolaan manajemen yang bagus guna penunjang,juga dapat peningkatan sumberdaya manusia dan juga dapat meningkatkan ekonomi bagi warga desa mana dimaksud sesuai tema yang ada ,” kita bisa memberikan motivasi untuk masyarakat atau peserta saat ini.

Harapannya kita bisa memberikan motifasi yang terbaik bagi masyarakat berjumlah 200 orang peserta saat ini sedang mengikuti program riset serta tidak lupa kami ku ucapkan terimakasih kepada Ir.Eskop beserta jajarannya sudah membantu menyukseskan kegiatan sebagaimana dimaksud .,ujar Muhamad Al Ansyari.,Bidang staf DPR RI.

,” Sedangkan disampaikan Yuniar Khasanah STP MSc, dari Pusat Riset Teknologi dan Proses Pangan BRIN, memaparkan teknik pengolahan sayur dan buah, agar masyarakat lebih terbuka pemahamannya pada manfaat maupun pengonsumsian sayur dan buah.

“Buah dan sayur punya karakteristik serta fungsi masing-masing. Yang harus kita ketahui lagi adalah bagaimana proses pembusukan pada sayur dan buah terjadi, sehingga kita bisa mengantisipasi supaya tingkat kesegarannya lebih lama. Dan salah satu teknik pengolahan buah adalah dibuat selai, jelly dan marmalade. Seperti pisang yang sering dibuat selai. Teknik ini selain bisa berguna untuk pribadi, juga bermanfaat jika dipakai untuk ekonomi UKM,” tutur Yuniar.

“Dia juga menjelaskan, bahwa tujuan pengeringan buah adalah untuk menghilangkan kadar air, sehingga mikroorganisme tidak berkembang biak lebih jauh.

Dan dalam acara ini, juga diselingi dengan demonstrasi pengolahan buah dan sayuran menjadi makanan sehat bermanfaat. Para peserta acara yang kebanyakan merupakan perwakilan desa, nampak antusias mengikuti jalannya sosialisasi hingga tuntas . ( El ).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER