Prediksi Brigjen.Pol Drs.Ricky F Wakanno Tentang Sinabung itu ” NYATA”

BABABE, PKRI-CYBER. NUSANTARA. Karo, Ricky F Wakanno saya juluki sebagai Kapolres Misterius ketika itu,bagaimana tidak,..kadang pemikiran dan perbuatan beliau jauh dari logika manusia kebanyakkan.

Ketika Gunung Api Sinabung pertama kali meletus tahun 2010,setelah sekitar 600 tahun tidak pernah aktif,langsung saya teringat dengan sosok Kapolres Misterius ” Ricky F Wakanno ” yang kini telah menjadi pejabat teras di Mabes Polri dan pangkatnyapun sudah ” Bregadir Jendral ” sekarang.

Ketika itu tahun 2007 Bang Ricky begitu beliau biasa dipanggil menjabat Sebagai Kapolres Karo,Dia meminta Danyon 125/Si’Mbisa Ketika itu dijabat oleh Gugun Gumelar dan Dandim 0205/TK tapi saya lupa siapa nama Dandim ketika itu,untuk bertemu di Hotel Internasional Sibayak Berastagi.

Kebetulan dipertemuan itu saya ikut mendampingi Bang Ricky,karena dimasa beliau Kapolres Karo selain sebagai penulis saya boleh dikatakan merangkap ajudan…hahaha,dikarenakan kemanapun dan acara apapun saya diminta ikut serta.

Dalam diskusi ringan itu Bang Ricky mengatakan dan mengajak Dandim dan Danyon untuk membuat acara simulasi bagaimana mengevakuasi masyarakat sekitar Sinabung apabila seandainya terjadi letusan,walaupun agak tidak masuk akal bagi yang mendengar,namun usul Kapolres disetujui oleh kedua komandan TNI tersebut.

Singkat cerita,simulasipun dilakukan dengan Tim Gabungan TNI/Polri selama beberapa hari,adapun tempat para pengungsi dibuat dibeberapa titik,di Batalyon, Kodim dan Lapangan Samura Kabanjahe,dibuat juga tim penjemput masyarakat yang terdampak letusan Sinabung.

Masih terngiang ditelinga saya,banyak masyarakat dan pejabat Karo sendiri yang mengatakan itu ide orang gila,hanya membuang-buang anggaran,karena Sinabung tidak akan meletus,mengingat Gunung Api Sinabung sudah 600 tahun tidak menunjukkan gejala aktif kembali.

Tapi ide gila Kapolres Misterius itu sekarang ” NYATA “,Gunung Api Sinabung menunjukkan kegagahannya, dari tahun 2010 sampai dengan sekarang tetap menyemburkan abu vulkanik yang membahayakan bagi kesehatan,menghancurkan pertanian dan melumpuhkan ekonomi masyarakat sekitar.

Sementara ribuan Kepala Keluarga harus direlokasi ketempat yang baru,karena beberapa desa tidak bisa lagi dihuni akibat dilulu – lantakkan oleh keganasan Sinabung.

Kini tinggallah kenangan dibenak saya,bahwa prediksi Brigjen.Ricyk F Wakanno betul-betul nyata,tidak salah saya menjuluki beliau sebagai Kapolres ” Misterius ” ketika itu.

Catatan : Lia Hambali

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER