Peran Penting Petani Jagung Dan Kemajuan Program Kerja Pemerintah Daerah Guna Menunjang Kebutuhan Pasar Dan Peternak.

Peran Penting Petani Jagung Dan Kemajuan Program Kerja Pemerintah Daerah Guna Menunjang Kebutuhan Pasar Dan Peternak.

PKRI NEWS, SUMBAR. LIMAPULUH KOTA – Hamparan lahan pertanian dan holtikultura yang luas dan subur, merupakan bagian dari keberhasilan dalam meningkatkan kesejahteraan sosial masyarakat.

Untuk memanfaatkan sumber daya alam ini, tentunya masyarakat petani dapat menunjukkan kontribusi nya dalam mendukung program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menuju swasembada pangan, jagung, mengingat kebutuhan ini merupakan sebuah potensi pasar yang jelas, salah satunya kebutuhan pakan ternak ayam petelur dengan populasi nya kisaran 5 juta ekor. Apabila lahan-lahan pertanian dan holtikultura di daerah ini termanfaatkan secara proporsional dan profesional, tentunya kesejahteraan sosial masyarakat petani secara otomatis akan berkembang pesat.

Hal ini di sampaikan Doni Ikhlas, SH Ketua DPD II Partai Golkar sekaligus sebagai Ketua Fraksi Partai Golkar di DPRD Limapuluh Kota kepada PKRI Cyber, Sabtu 03-07-2021 ) di sela acara panen perdana jagung Kelompok Tani Baluka Jaya, jorong Tambun Ijuk Nagari Koto Tangah Simalanggang Kecamatan Payakumbuh.

Dalam kesempatan itu, tokoh muda Nagari Koto Tangah Simalanggang, Irwan Dt. Rajo Mantiko Alam, mengucapkan terimakasihnya atas Kehadiran Bapak Doni Ikhlas, SH, dengan berharap kedepannya Doni Ikhlas dapat memperjuangkan harapan Kelompok Tani dan petaninya, seperti pengadaan traktor dan kebutuhan sanitasi pengairan.

Kelompok Tani Baraka Jaya yang di ketuai Jafri M, beranggotakan sebanyak 28 orang dengan luas lahan pertanian areal persawahan 20 hektar dan lahan holtikultura seluas 20 hektar. Dalam uji coba lahan holtikultura kurang dari 1 ha, dengan 2 kg bibit sudah menghasilkan 1 ton jagung.

Apabila lahan yang di miliki anggota Kelompok Tani Baraka Jaya dapat di kelola dengan baik dan hadirnya peran pemerintah melalui instansi terkait dalam pembinaan, kita sangat optimis program Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota dalam swasembada jagung tahun 2022 dapat terwujud, imbuh Irwan.

By/Mardianto Anto.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER