Bu Risma MENSOS Siapkan Dua Lahan Untuk Rusun Para Tuna Wisma.

Bu Risma MENSOS Siapkan Dua Lahan Untuk Rusun Para Tuna Wisma.

PKRI NEWS, NUSANTARA. DKI – Kabar baik bagi Tuna Wisma khusus Jakarta dan Bekasi. Kabar baik ini dipersembahkan oleh kementerian sosial. Dari keterangan ibu Risma.

Mensos Bu Risma mengatakan, pihaknya menyiapkan hunian Bersubsidi Untuk Masyarakat Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial ( PMKS).

Nantinya, Masyarakat PMKS tersebut dapat tinggal di hunian Rumah Susun ( Rusun) dengan sewa hanya Rp 10.000 saja per bulan.

“Insya Alloh 10 ribu per bulan, ini untuk saudara kita yang selama ini tinggal di kolong jembatan, yang tinggal.di gerobak, mereka bisa kita bantu,” tegas Bu Risma.

Beliau menekan, biaya Rp 10.000 per bulan tersebut untuk kebutuhan Operasional Rusun.
Namun ….biaya Listrik dan Air akan di bebankan kepada PMKS yang menempati Rusun tersebut,” jelasnya.

“Operasional nanti listrik dan air mereka yang harus bayar sendiri, Rp 10.000 Itu hanya sewa untuk operasional gedung saja,” ujar nya.

Hunian Subsidi yang bekerja sama dengan Kemen PU ini akan di bangun 6 blok Rusun pada tahun 2022 yang berada di Medan, Solo, Makassar, Padang, Palembang dan Jakarta.

“Saat ini kita bangun 2 Rusun, tahun 2021 ini ada 1 blok di Bekasi isinya ada 100 RT, kemudian satu blok lagi berada di Jakarta 100 Rumah Tangga,” Ujar Bu Risma dalam Rilis yang di terima, Kamis 19 Agustus 2021.

Dan Untuk Kreteria nya akan diadakan Pendataan Survei agar tetap sasaran, Ukuran nya 27 M2, satu Kamar jadi itu untuk ada yang tinggal di kolong jembatan, kemudian yang biasa tidur di gerobak atau di tempat – tempat yang tidak layak. Mensos sudah punya data nya dan punya teman – teman yang mengerti siapa- siapa yang harus terdata,” tegas Bu Risma.

Selain itu hunian Bersubsidi ini diberikan agar nantinya PMKS lebih mudah mendapatkan Akses bantuan Pemerintah dengan data Kependudukan.

“Dirumah Rusun Otomatis mereka punya Alamat dan agar mereka bisa mendapatkan identitas kemudian mereka bisa di Akses bantuan atau layanan dari Pemerintah.

Tapi nanti ke depan kita ajarkan mereka untuk Pemberdayaan bukan hanya melulu untuk menerima Bansos supaya kapasitas Keuangan bisa lebih besar,” ujar Bu Risma.

Sebelum nya Bu Risma Menyebut bahwa Rusun yang akan di bangun berada di Lokasi lahan Balai Karya, Pangudi Luhur, Bekasi dan lahan Rumah Perlindungan dan Trauma Center ( RPTC) di Jakarta.

Red/Adv-mensos.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER