Tiga Kampung di Kecamatan Rangkas Bitung Tergenang Bajir. Dan Dua Kecamatan lainnya.

Tiga Kampung di Kecamatan Rangkas Bitung Tergenang Bajir. Dan Dua Kecamatan lainnya.

PKRI NEWS, BANTEN. SERANG – Status Siaga Banjir bagi warga Lebak Khususnya Rangkas Bitung. Status waspada ini juga sudah mencapai darurat banjir. Berlaku 13 September 2021 pukul 07.00 wib s/d 14 September 2021 pukul 07.00, yang berpotensi dampak hujan lebat untuk dampak Banjir/Bandang dapat terjadi di wilayah Banten dengan status Waspada (signature.bmkg.go.id).

Kesiapsiagaan BPBD Prov. Banten meneruskan informasi Peringatan Dini potensi hujan tersebut kepada BPBD Kab/Kota untuk diteruskan kepada pihak terkait di Kab/Kota dan masyarakat untuk waspada ancaman bencana hydrometeorologi.

Hingga berita ini diterbitkan pihak BPBD telah melakukan upaya yang telah dilakukan saat ini  BPBD Kab. Lebak melakukan evakuasi warga untuk mengungsi dan BPBD Kab. Lebak menurunkan 2 perahu fiber dan melakukan pendistribusian logistik kedaruratan Banjir di Kab. Lebak, Prov. Banten.

Kronologis kejadian yang telah dihimpun menyatakan bahwa Akibat hujan deras selama ± 4 jam dan sistem drainase pemukiman tidak mampu menampung aliran air sehingga menyebabkan banjir dengan data Waktu kejadian hari Senin, 13 September 2021 Pkl 20.00 WIB.

Akibat dari kejadian ini beberapa lokasi yakni : • Kec. Rangkasbitung antara lain – Kp. Barangbang, komplek pendidikan, BTN Depag dab BTN Palaton Kel. Muara Ciujung Timur, – Kp. Cimesir Desa Rangkasbitung Timur, – Kp. Dukuh dan kp. Sentral Kel. Rangkasbitung Barat, – Kp. Babakan Sepur dan Anyar Desa Jatimulya, • Kec. Cibadak : – Kp. Neglasari dan Rancasema Desa Kaduagung Timur, – Kp. Pasir Kaloncing dan BTN Mandala Desa Kaduagung Tengah,

Dari peristiwa yang terjadi menimbulkan Korban Jiwa : • ± 614 KK terdampak • 62 Jiwa mengungsi di Musholah At-Taubah Barangbang.

Dengan ketinggian muka air ± 50 – 100 cm dan Kerugian Materil : • ± 614 unit rumah terendam, • TMA ± 50 – 100 cm.

Kondisi Mutakhir :  • Kondisi saat ini air masih terus naik, hujan diprediksi oleh BMKG akan turun pagi ini, • Tinggi Muka Air (TMA) pos pantau jembatan keong 525 cm debit 549 m3/detik status awas

*Sumber :*
• BPBD Kab. Lebak

Red/Jufry Haryadi.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER