Bupati BarTim “Keberadaan BUMdes Diharapkan Mampu Menjalankan Keuangan dan Berjalan sesuai amanat UU Tentang Pengelolaan dana Desa”.

POLSUSWASKIANA, KALTENG. Tamiang Layang – Bupati Ampera A.Y. Mebas,SE,MM.dalam penyampain meminta agar setiap Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dapat produktif memanfaatkan peluang usaha yang ada di desa masing-masing dengan tujuan menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Menurut Bupati Bartim Ampera.A.Y.Mebas,SE,MM.ini, pencapaian program ekonomi kerakyatan bisa ditingkatkan melalui desa dengan peran aktif dari BUMDes yang dapat memanfaatkan sumber daya yang berada di desa.

“Setiap BUMDes sudah memiliki anggaran atau modal untuk dikembangkan agar perputaran ekonomi di desa lebih meningkat, dengan memanfaatkan yang dihasilkan paling dominan oleh masyarakat desa,” kata Bupati di Tamiang Layang, Jumat (25/02/2022).

Dikatakan Bupati Bartim Ampera.A.Y.Mebas,SE,MM. apa yang menjadi sumber penghasilan oleh masyarakat desa, bisa dikelola lebih baik melalui BUMDes.

“Bila di desa masyarakat nya mayoritas petani karet, padi dan kelapa sawit atau peternak, maka BUMDes harus bisa mengelola itu, contohnya membeli hasil milik petani atau ternak sehingga daya jual beli setabil. Disamping itu tidak ada permainan harga dari para oknum tengkulak,” jelas Bupati.

Lanjut Bupati , selain mempermudah para petani maupun peternak untuk menjual hasil panen, otomatis perputaran uang atau perkonomian di desa tidak keluar daerah dan tetap stabil.

“Kita ketahui bahwa banyak orang dari luar daerah membeli hasil panen di tempat kita, kemudian menjual kembali ke masyarakat dengan harga yang lebih mahal. Jadi lebih baik BUMDes sendiri yang berperan agar hasilnya bisa meningkatkan pembangunan di desa itu sendiri, bukan keluar daerah,” tutur Ampera, berharap BUMDes dapat berperan aktif membuka usaha dari segala sektor yang dapat menumbuhkan perekonomian masyarakat agar sejalan dengan visi misi pemerintah kabupaten Barito Timur dalam pencapaian program ekonomi kerakyatan.(tim /redaksi).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER