Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan Sirombu.

Musrenbang RKPD Tahun Anggaran 2023 Tingkat Kecamatan Sirombu.

POLSUSWASKIANA, SUMUT. Nias Barat, – Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Nias Barat Tahun Anggaran 2023 tingkat Kecamatan Sirombu dilaksanakan di Gereja BNKP Fabaliwa, pada hari Rabu (16/02/2022).

Dalam laporannya Plt. Camat Sirombu Mesrawani Zalukhu menyampaikan bahwa tujuan Pelaksanaan Musrenbang Tingkat Kecamatan antara lain Membahas serta Menyepakati Usulan Kegiatan yang menjadi Prioritas Pembangunan diwilayah Kecamatan Sirombu.

Selanjutnya Camat Sirombu menyampaikan bahwa telah dilaksanakan Musrenbang ditingkat Desa sejak Minggu ke 4 Januari, dan telah menyepakati rencana Pembangunan yang dituangkan dalam Berita acara serta telah diinput kedalam SIPD.

“Ada 163 Usulan Pembangunan di Wilayah Kecamatan Sirombu.” Sebut Camat Sirombu.

Diantara 163 Usulan, Camat Sirombu menyampaikan beberapa Ruas Jalan yang penting ditangani serius tanpa mengabaikan Usulan yang lain, terutama di Ibu Kota Kecamatan Sirombu, terkait Penataan Ruang Terbuka Hijau yang Ramah Anak dan Penanggulangan banjir yang sering mengganggu dikala musim penghujan.

Ketua DPRD Nias Barat Drs. Evolut Zebua dalam sambutannya, memaparkan tentang tahapan Perencanaan dan Usulan rencana kerja Pemerintah untuk Nias barat yang bersih Unggul dan Maju yang harus disinkronkan dengan RPJMD;  Usulan dari sari reses-reses Anggota DPRD dan Usul dari bottom-up dari Masyarakat.

Evolut berharap agar Usulan Pembangunan oleh Masyarakat di Usulkan hal-hal yang memang penting dan bermanfaat bagi Masyarakat.

Kepala Bappeda Eta Fajar Wiriatmo Daeli, SP, MM yang diwakili Oleh Kepala Bidang Perencanaan Evaluasi Pembangunan Taufik Oktavian Gulo, menyampaikan Arah Kebijakan Pembangunan Nias Barat Tahun Anggaran 2023 yang ahrus dipahami bersama oleh Masyarakat termasuk dengan Perencanaan Pembangunan Tingkat Desa yang harus disinkronkan dengan arah Kebijakan Pembangunan Kabupaten Nias Barat.

Dalam arahannya, Sekda Nias Barat Prof. Dr. Fakhili Gulo, M.Si menyampaikan bahwa apapun Usulan atau masukkan dari Masyarakat selalu diharapkan terealisasi dan hal itu menjadi Perjuangan Pemerintah untuk mewujudkannya.

Namun menurut Sekda Nias Barat, sejumlah Usulan Program Pembangunan oleh Masyarakat selalu terkendala oleh karena keterbatasan Anggaran, sehingga Tugas Pemerintah untuk menseleksi Program Pembangunan yang benar-benar Prioritas.

Musrenbang berlangsung dengan tertib, dialogis, penuh saran masukkan dan Usulan dari peserta dan Tokoh Masyarakat dan diakhiri dengan penandatanganan Berita acara.

Hadir dalam Musrenbang tersebut, Sekda Nias Barat Fakhili Gulo, Ketua DPRD Drs Evolut Zebua, Anggota DPRD Sari Utamin Waruwu; Fatohu Hia, Staf Ahli Bupati: Turunan Gulo; Yupiter Gulo; Yoeli Daeli, Kadis PMD Fatiso Zai, Kadis PUPR Yusuf Nakhe, Kadis PETEKOP Borododo Gulo, Kadis Perpustakaan Rosedi Daeli, Kapolsek Sirombu dan Danramil Sirombu, Para Kepala Desa dan Masyarakat.

(Yasona zendrato)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER