Direktur PDAM Tirtanadi Survei Beberapa Titik Sumber Air bersih Di Kabupaten Nias Barat.

POLSUSWASKIANA – SUMUT. Nias Barat – Direktur PDAM Tirtanadi Provinsi Sumatera Utara Kabir Bedi bersama tim turun langsung meninjau beberapa titik sumber air yang akan dikelola menjadi air bersih untuk masyarakat Nisbar (21/3/2022).

Survei tersebut sebagai tindaklajut dari pertemuan Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu kepada Direktur PDAM Tirtanadi pada tangan 08 Maret 2022, Minggu lalu.

Dirut Kabir Edi mengatakan sebanyak 4-5 titik sumber air dibeberapa wilayah di Nisbar sudah ditinjau dan setelah dilihat-lihat bahwa untuk pelayanan air bersih di Kota Kabupaten Nias Barat sumber airnya akan diambil dari sungai Lahomi.

“Pusatnya nanti dari air sungai Lahomi , karena mengingat itu tidak terlalu jauh dari Ibu Kota Kabupaten, kira-kira jaraknya hanya sekitar 2 KM. Dan dari situlah akan dibangun Instalasi Pengelolan Air Mini (IPAM) danpembuatan Treatmen Plant Mini (WTP) yang menggunakan anggaran 2023,”katanya saat bertemu Sekda Prof. Fakhili Gulo di ruang kerja.

Dirut Kabir Ebi menjelaskan bahwa PDAM Tirtanadi akan melakukan upaya cepat , salah satunya yaitu pembangunan sumur bor dengan kapasitas sekitar lebih kurang 10 liter per detik yang mana akan mampu melayani sekitar lebih kurang 600 – 800 pelanggan.

“Pembangunan jaringan itu akan bekerjasama dengan Pemkab Nisbar dan akan dibangun bertahap, seperti mungkin tahun pertama di sebanyak 200 pelanggan dan selanjutnya akan dibangun secara bertahap setiap tahunnya,”jelasnya.

Dikatakannya, kehadiran PDAM Tirtanadi juga sebagai amanah dan pesan dari Gubernur dan Wakil Gubernur sumut serta DPRD Provsu
yang meminta harus hadir memberikan pelayanan bagi masyarakat Nisbar .

Sementara Sekda Prof. Fakhili Gulo sangat menyambut baik dan mengapresiasi respon nyata PDAM Tirtanadi yang turun langsung melihat kondisi Nisbar.

“Kita patut bersyukur sekali karena pada hari ini kita didatangi langsung Oleh Direktur PDAM tirtanadi Sumatera Utara, ini merupakan tindaklanjut dari pembicaraan Bupati kepada Gubsu dan Gubsu merespon secara cepat. Sangat kita apresiasi atas perhatian luar biasa dari Bapak Gubernur untuk masyarakat Kabupaten Nias Barat . Dan adapun program PDAM tirtanadi sendiri yang akan dilaksanakan baik kegiatan jangka pendek maupun jangka panjang. Dan dalam hal ini akan dikerjakan bersama-sama.

“Untuk mendukung program ini, Pemkab Nisbar akan menganggarkan pekerjaan untuk pemasangan saluran distribusi terhadap rumah tangga,”jelasnya.

(Yasona Zendrato)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER