Jumat Bercerita Kembali Hampiri Masyarakat Kota Manado.

Jumat Bercerita Kembali Hampiri Masyarakat Kota Manado.

POLSUSWASKIANA – SUMUT, Manado. 13 Januari 2023 sekitar pukul 09.19 wita bertempat di Warkop Bakoenyah Kel. Tanjung Batu Lingkungan. I Kec. Wanea Kota Manado telah berlangsung kegiatan Jum’at Bacarita Polresta Manado bersama Element masyarakat, yang di hadiri kurang 70 orang

Dalam kegiatan tersebut dihadiri oleh : – Wakapolresta Manado AKBP Faisol Wahyudi SIK, – Kapolsek Wanea Kompol Arie Najoan, SH, – Kasat Binmas Polresta Manado AKP Muris Pandenaa, SH, – Lurah Bumi Nyiur Agus Panekenan, SE, – Lurah Tanjung Batu Albert V. Kadato, SE, Juga ikut serta Para Ketua Lingkungan, – Maikel E. Salim (Ketua Brigade Manguni Nusantara Kota Manado). – Ali Akbar Lidjali ( Ketua Tekab Tim Khusus Anti Begal Sulut ) – Efraen (Aliansi Kabasaran seluruh Indonesia/Aksi). – Yance Sumerah (Ketua Maesa’an Waya Lover Sulut). – Hes Sumual (Ketua Manguni Indonesia Sulut /Manis) – Steven Liow (Jejaring Panca Mandala Sulut ).

Adpun kegiatan sbb : 1). Doa oleh Lurah Bumi Nyiur Agus Panekenan, SE. 2). Kata kata pembuka dari Wakapolresta Manado.

Dengan dibuatnya kegiatan ini Wakapolres Kota Manado berharap semoga dapat membantu mengatasi permasalahan masyarakat sekitar agar terciptanya situasi aman kondusif dan tetap memberitahukan jika ada pelayanan yang kurang maksimal dari satuan kepolisian Resor Kota Manado.

Program kegiatan Jum’at Curhat ini adalah program inovasi dari pimpinan dalam kesiapan sebagai pelayanan juga pengayom juga pelindung masyarakat sebagai amanah Bapak Kapolri.

Sesi Tanya Jawab merupakan acara awal dalam program Jumat Bercerita dimana Bpk Audi Warga Kelurahan Karombasan Utara menyampaikan pendapatnya  terkait Pembuangan limbah di salah satu Hotel dan untuk limbah air sudah hitam yang mengalir, sehingga menjadi kwalitas dan baku mutu air menjadi hitam atau bisa saja beracun. Lain halnya Bpk Jesaya Pontoh Warga Kel. Tikala yang menyapaikan terkait masalah parkir ojol yang masuk ke kawasan dan bahu mall agar free space mall sebaiknya lebih luas guna pejalan kaki pengunjung Mall

Bpk Maxi Malonda Tokoh Masyarakat kel. Tingkulu juga berkesempatan tentang banyaknya pelaku kantibmas yang tren sekarang yaitu anak muda agar dibuatkan guantibmas deteksi dini atau LSM generasi muda untuk membantu kepolisian tentang masalah Guantibmas.

WakaPolresta Manado yang mewakili Bapak Kapolresta Manado menjawab akan semua penyampaian yang ada antara lain tentang limbah disebut kan bahwa limbah mempunyai kajian amdal dan akan berkoordinasi dengan Instansi terkait / Pemerintah Daerah.

Terkait perparkiran Pihak Polresta Manado akan berkoordinasi ke pihak pengelola parkir dengan pihak Ojol untuk menringankan para Ojol.

WakaPolresta Manado juga membenarkan banyak anak dibawah umur yang jadi pelaku Guantibmas seperti : • Pelaku Lem Ehabon, • Michat dll.

Untuk hal itu Pihak Polresta Manado telah membuat Aplikasi E- RNM ( Elektronik Rehab Narkoba Manado didalamnya Dinas Kepolisian, Dinas Kesehatan, Dinas Sosial dan Badan Narkotika dan juga terkait masalah organisasi pihak Polresta mempunyai Pokda *Bpk Efrain dari warga Desa Sea Satu (Aliansi Kabasaran seluruh Indonesia/Aksi).

Menjawab Terkait lalu lintas seringnya mobil 10 ban yang berlalu lalang di jalan Sea harap di sentuh oleh Pihak Kepolisian karena sering membuat kemacetan.

Bpk Alter Mumu Warga Kel. Tanjung Batu Yang memberikan informasi Masalah mafia Tanah agar kepolisian harus membentuk Satgas mafia tanah dan berkerja sama dengan element masyarakat. Berantas mafia tanah dan sejauh mana penangganan masalah tanah yang di tanggani oleh pihak kepolisian.

Ada juga dari Bpk Hen Sumual warga Kel. Teling Atas tentang Sarana umum seperti akses jalan boulevard – Samrat dilakukan penutup oleh sepihak. Bpk Tonny Winokan Kel. Tanjung Batu Terkait situasi Guantibmas harap Peran Bhabinkamtibmas dan ketua Lingkungan lebih mengadakan dialog interatif di tiap lingkungan.

Tanggapan Wakapolresta Manado untuk pertanyaan diatas masalah tanah Serahkan bukti yang terkait mafia tanah jangan fitnah dan bisa dihadirkan bersama kasat Reskrim

Sesuai data di jalan sea kurangnya kasus laka lantas dan akan dihubungi kasat lantas dan Kapolsek Malalayang, besok sore sampai malam di cek.

Penutupan jalan diatur dalam Undang- undang lalu lintas dan harus ada rekomendasi layak ato tidak ditutup ad jalan alternatif bisa di tutup.

Bpk Steven Liow warga Kel. Malalayang  Penjualan obat komix secara berlebihan dan sudah banyak di konsumsi oleh anak – anak muda, Orang meninggal yang keluar dari Rs Malalayang dirapikan cara pakai jalan.

Ali Akbar Lidjali Warga Kel. Wonasa Maraknya curanmor yang terjadi do wilayah dan perlunya di buatkan pos kambling.

Tanggapan sesi berikut ini Wakapolresta menyampaikan Edukasi untuk tidak menjual ke anak dan Hubungi lewat E- RNM ataupun Call Center 112, dengan Datang ke Polresta yang korban kehilangan motor serta peran masyarakat untuk menjaga keamanan.

Cerita Jumat bercinta ini kemudian ditutup pada Pukul 10.50 wita giat selesai dalam keadaan tertib dan lancar. Untuk menjalankan ibadah Sholat Jumat bagi personil yang menjalankan nya.

Rep/Revi Tamara.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER