DUKCAPIL HUMBANG HASUNDUTAN LAKUKAN LAYANAN SISTIM SIJEMP0L UNTUK CAPAI TARGET 35.516 JIWA

DUKCAPIL HUMBANG HASUNDUTAN LAKUKAN LAYANAN SISTIM SIJEMP0L UNTUK CAPAI TARGET 35.516 JIWA

PKRI News, TAPAULI, Humbahas. Layanan baru dengan sistem SIJEMP0L (Sistim Layanan Jemput Bola) Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengadakan produk baru di Kabupaten Humbang Hasundutan dengan layanan Jemput Bola untuk produk Aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil melakukan layanan yang meliputi 10 Kecamatan guna untuk memenuhi target kinerja 25% disetiap Kabupaten/Kota se-Indonesia ditahun 2023.

Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) mengatakan berdasarkan DKB (Data Konsolidasi Bersih) pada semester ll tahun 2023, jumlah penduduk Kabupaten Humbang Hasundutan yang sudah melakukan layanan perekaman dan memiliki KTP-el (yang sudah berusia 17 tahun keatas) terhitung sebanyak 142,061 jiwa, target cakupan IKD sebanyak 35.516 jiwa. Direktur Jenderal Kependudukan dan pencatatan sipil menginovasi IKD untuk layanan bagi seluruh masyarakat se-Indonesia, serta kepedulian Kementerian Dalam Negeri untuk digitalisasi dokumen kependudukan yang saat ini juga digunakan oleh masyarakat se-Indonesia kedalam android yang berupa photo ataupun QR- code yang mempermudah masyarakat melakukan transaksi pelayanan publik (privat), Oleh karena hanya melalui telepon genggam, dokumen Adminduk dalam genggaman berupa KTP-el dan kartu Keluarga (KK) bisa dapat diakses seperti Kartu BPJS,NPWP termasuk Kartu kepegawaian serta lainnya.

Kepala Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Humbang Hasundutan, Jara Trisepto Lumbantoruan, S.Pd, MM pada hari Selasa 4/4/2023, menjelaskan dalam untuk percepatan pencapaian target Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Humbang Hasundutan, dengan melakukan realisasi seperti jemput bola dilingkungan OPD sejak 24 Oktober 2022 lalu, yang diawali dengan aktivitasi IKD Sekda Drs Tonny Sihombing, M. IP yang dilanjutkan untuk ASN dan non ASN dilingkungan OPD Kabupaten Humbang Hasundutan, berdasarkan jadwal waktu yang telah ditetapkan. Surat edaran yang disampaikan oleh Bupati Humbang Hasundutan, Dosmar Banjarnahor, SE dengan surat edaran Nomor : 470/418/Dukcapil/lll/2023 tentang Aktivasi IKD bagi seluruh ASN dan non ASN dilingkungan pemerintah kabupaten Humbang Hasundutan menjadi pelopor teladan di tengah-tengah masyarakat, sehingga target dapat terpenuhi dalam penerapan identitas kependudukan digital.

Sistim cara baru yang di lakukan Dinas Dukcapil Humbang Hasundutan dengan cara SIJEMPOL untuk mencapai target, telah di lakukan di tingkat kecamatan, dengan sasaran layanan staf kantor camat, Puskesmas/Polindes,guru PKK/PPS, TNI, Polri dan siswa/siswi SLTA di saat perekaman/pencetakan KTP-EL pemula di sekolah masing-masing, serta sudah teraktivasi sebanyak 3.576 IKD (10,07%). Dinas Dukcapil sudah melakukan layanan IKD seperti di kec.Lintong Nihuta, Paranginan, Bakti raja,Pollung, serta akan di lanjutkan kembali ke kecamatan lainnya untuk layanan IKD ucap salah satu pegawai Dinas Dukcapil.

( Werson Togatorop)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER