HIBAH KEAGAMAAN DAN ALSINTAN DI SERAHKAN OLEH BUPATI HUMBAHAS

HIBAH KEAGAMAAN DAN ALSINTAN DI SERAHKAN OLEH BUPATI HUMBAHAS

PKRI News, TAPAULIĀ Humbahas. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor, SE yang didampingi Sekda Drs Tonny Sihombing menyerahkan hibah keagamaan dan Alsintan (alat-alat mesin pertanian) kepada masyarakat Humbang Hasundutan melalui Kelompok tani, pada hari Selasa tanggal 6/6/2023 yang bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul. Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing S. Sos menjelaskan pemberian hibah keagamaan terlebih dahulu dilaksanakan penandatangan Naskah Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) Kabupaten Humbahas Tahun Anggaran 2023.

Jumlah penerima hibah sebanyak 42 yang terdiri dari tiga (3) lembaga Keagamaan, Satu (1) organisasi Keagamaan dan 38 Rumah Ibadah. Total jumlah penerima hibah keagamaan mulai tahun 2017-2023 sebanyak 750 penerima. Selain pemberian hibah keagamaan, Bupati Humbahas juga menyerahkan Alsintan kepada masyarakat melalui kelompok tani. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan Ir Junter Marbun mengatakan, petani merupakan garda terdepan dalam menjaga Ketahanan Pangan terutama Komoditi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. Dalam mendukung itu, perlu mendapatkan perhatian dan bantuan dari Pemkab Humbahas dengan melalui kelompok tani. Alsintan ini diberikan untuk mengurangi biaya tenaga kerja, membantu serta mempermudah pengelolaan lahan. kemudian untuk mempermudah penanganan pasca panen komoditi tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan. meningkatkan pendapatan serta meningkatkan ketahanan pangan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

Alsintan yang diserahkan oleh Bupati Humbahas yaitu alat pemipil jagung (Corn Sheller), Pompa Air, Cultivator, power thresher (mesin perontok multiguna) termasuk mesin pulper (pengupas kulit merah kopi). Ruddin Carli, SE mewakili penerima hibah keagamaan mengucapkan terimakasih kepada Bupati Humbahas atas bantuannya untuk rumah Ibadah.Bantuan ini akan dimanfaatkan atau dipergunakan dengan sebaik -baiknya sesuai dengan peruntukannya demi meningkatkan kerohanian. Hulman Silaban mewakili kelompok tani juga mengucapkan terimakasih banyak kepada Bupati Humbahas. ” kami sangat bersukacita Pak, doa kami kiranya Tuhan memberikan kesehatan kepada Bapak Bupati dalam memimpin masyarakat Humbahas. Alsintan ini sangat membantu kami dalam bidang pertanian ” ucap Hulman Silaban.

Kepada penerima Alsintan, agar dipergunakan dengan sebaik-baiknya, jangan hanya diterima tapi harus dirawat dengan benar. ” Alsintan itu bukan milik ketua kelompok, tapi milik bersama.kalau ada petani yang membutuhkan boleh dipinjamkan bahkan kalau tidak dipergunakan, Alsintan akan ditarik Pemerintah dan akan diberikan kepada kelompok tani yang membutuhkan ” tegas Bupati Humbang Hasundutan.

WERSON TOGATOROP

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER