Bimtek Kegiatan Pendidikan dan Latihan Perkoperasian Bagi Koperasi

Bimtek Kegiatan Pendidikan dan Latihan Perkoperasian Bagi Koperasi

PKRI News, KALTENG. Bartim. Pendidikan dan Latihan Perkoperasian Bagi Koperasi, sub kegiatan bagi peningkatan pemahaman dan pengetahuan serta kapasitas dan administrasi koperasi melalui dana alokasi khusus (DAK).,notifikasi prima angkatan I dan II.Bimbingan teknis Tata kelola keuangan bagi koperasi Berbasis computer acara dilaksanakan di gedung aula kantor dinas pendidikan, Hari Senin (30 Oktober 2023.)

Usai Kegiatan Kepala Dinas Perdagangan dan UMKM Kab. BarTim Berson., ditemui awak media saat diwawancarai menyampaikan kenapa kita laksanakan ini ini merupakan termasuk agenda tahunan atau adanya program.

Koperasi yang harus dilaksanakan untuk semangat untuk memberikan motivasi kepada anggota koperasi atau pengurus koperasi sehingga koperasi ini nantinya akan berjalan dengan baik.

Maka oleh sebab itu ada penyegaran untuk Bimtek atau pelatihan,” oleh sebab itu juga untuk tujuan akhir daripada Bimtek ini berfokus untuk pengurus koperasi.

Agar mampu melaksanakan tugasnya sebagai pengurus koperasi,” kemudian dia harus mampu juga untuk menerapkan dan mengaplikasikan di tingkat lapangan, itu yang bisa diberikan pelatihan.

Karena tujuan diberikan pelatihan hari ini sudah ada dua kali angkatan sebetulnya angkatan pertama angkatan kedua koperasinya yang sudah berjalan dan kenapa kami lakukan pelatihan ini,?… karena koperasi yang ada di Kabupaten Barito Timur ini berawal ada 167 koperasi tetapi Yang aktifnya hanya 67.

Jadi hanya dari 137 koperasi jumlahnya yang aktif kemudian hanya 67 artinya kurang dari separuh makanya perlu dilakukan pelatihan.

Yang kedua dalam koperasi ini sangat menurun hampir setiap tahunnya menurun sedangkan melalui untuk rapat anggota itu sekarang hanya 25 operasi yang Rapat anggota, artinya karena kita harus mengacu bahwa operasi sebetulnya harus rapat anggota setiap tahunnya

Akan Tetapi ini hanya 25 kendala inilah yang kami lakukan hari ini masalah pelaporan keuangan kenapa demikian jika laporan keuangan itu tidak boleh dikatakan tidak stabil atau tidak mengenai dengan pola pemikiran anggota maka mereka akan sulit untuk meneruskan kemampuannya, kemudian memiliki kemauan dan sukarela bekerja dan lain-lain.

Memang saat ini belum ada dana pembinaan ,itu juga memang dari awal tidak ada dana pembinaan kecuali dana untuk mengadakan Bimtek atau program-program yang menyangkut kegiatan UMKM atau perdagangan dan koperasi.

Kabupaten Barito Timur memberikan semacam penghargaan tambahan karena mereka mendapatkan Motor Thosa atau motor angkutan pedesaan dari hadiah juara 3 tingkat provinsi.

Yang menjadi juara 3 di tingkat provinsi itu tahun kemarin Tahun 2022 adalah koperasi karet, sedangkan untuk wilayah yang tidak aktif ,Kami akan melihat database kalau memang itu sampai beberapa kali untuk rapat anggota koperasi tidak dilakukan maka kami akan melaporkan ke tingkat provinsi.

Apa bila sebagian koperasi ini tidak aktif lagi maka apakah harus ditutup atau dibekukan atau bagaimana nantinya karena ada pertimbangan dari provinsi , sebab database yang ada di tempat kami bukan hanya untuk data kami tapi itu semua data provinsi. Karena berkaitan dengan adanya koperasi yang ada di buat gedungnya ini juga harus dilaporkan ke provinsi nya.

Sedangkan untuk peserta yang jauh masing-masing bisa mereka menginap di hotel ,” tapi itu ada mungkin tergantung situasinya.

Harapan kita setelah mereka melakukan latihan ini tidak lagi seperti yang tidak lagi artinya operasi itu harus membangun bangun dan berdiri dan lari harapan kita itu sebab kita betul-betul mau membina koperasi karena koperasi ini merupakan orang kumpulan orang-orang yang di bidang ekonomi artinya meningkatkan ekonomi.tutupnya.Berson.(El).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER