Pelaksanaan Perayaan Natal dan safari natal GKE Berkat Hayaping.

Pelaksanaan Perayaan Natal dan safari natal GKE Berkat Hayaping.

PKRI CYBER, KALTENG. Bartim. – Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Bartim Edius Uhing, SE, MM. sebagai insan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, saya mengajak kita bersama memanjatkan puji dan syukur kepada Tuhan karena limpahan kasih dan berkatnya kita bisa berkumpul bersama di tempat ini dalam rangka mengikuti Perayaan Natal Tahun 2023 di Gereja GKE Berkat Hayaping.

Acara dihadiri ,” Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,Sekretaris Daerah, Asisten Sekda, Staf Ahli Bupati,Kepala OPD ,Camat Awang,Pimpinan Gereja, Pendeta dan Tokoh-tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat,Ketua Panitia dan Seluruh Jajaran Panitia Pelaksana,Serta seluruh jemaat dan hadir.

Edius Uhing, SE, MM.menyampaikan sambutan Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan , dalam rangka safari natal Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur.,Kita menyadari dan meyakini ini semua terlaksana semata-mata karena kasih Tuhan yang menuntun kita dan karena Tuhan pula lah yang turut campur tangan dalam rencana kita.

Perayaan Natal bukanlah sekedar perayaan rutinitas tahunan biasa, tetapi natal adalah momen penting bagi seluruh umat manusia khususnya umat kristiani di dunia untuk memaknai arti Natal itu sendiri, dimana Yesus Kristus lahir dalam kesederhanaan dan kepapaan di dalam palungan kandang domba untuk tujuan mulia yaitu menyelamatkan manusia dari dosa.

Karenanya Pemerintah terus mendorong dan menjamin terlaksananya kegiatan perayaan natal seperti ini di seluruh daerah agar berlangsung dengan aman, lancar dan sukses.

Edius Uhing, SE, MM.,juga menyampaikan amanat PJ Bupati tentang Visi dan Misi Kabupaten Barito Timur 2018 – 2023 yaitu “ Terwujudnya Barito Timur Yang Sehat, Cerdas dan Sejahtera melalui Pemerintahan yang Amanah”

Meningkatkan Ekonomi Kerakyatan Melalui Sektor Pertanian, Holtikultura, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Koperasi, UMKM dan Perluasan Lapangan Kerja.

Meningkatkan sarana dan Prasarana Bidang Kesehatan, Pendidikan dan Peningkatan Sumber Daya Manusia.

Membangun dan Meningkatkan Infrastruktur Jalan, Jembatan, Pengairan, Air Bersih, Listrik dan Parawisata yang Berwawasan Lingkungan.

Pembinaan Umat Beragama, Adat, Budaya, Pemuda dan Olah Raga.

Meningkatkan Pemerintahan Yang Baik, Efektif, Efisien, Transparan dan Bertanggungjawab.

Dimana salah satu dari beberapa Misi yang ditetapkan adalah Pembinaan Umat Beragama, hal ini membuktikan bahwa keberadaan dan Pembinaan Umat Beragama menjadi prioritas dan mendapat perhatian serius dalam pembangunan selama ini. apabila umat beragama telah terbina dengan baik maka peran serta masyarakat dalam pembangunan akan meningkat demikian pula sebaliknya.

Karena itu berbagai program konkret terus kita upayakan seperti penyediaan dana bantuan untuk perbaikan dan pembangunan rumah ibadah, pemberian bantuan operasional bagi rumah ibadah dan program lain yang tujuannya untuk pertumbuhan dan perkembangan umat beragama di Kabupaten Barito Timur yang pada akhirnya mampu meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat secara keseluruhan.

Pemerintah Kabupaten Barito Timur juga terus berkomitmen untuk melaksanakan program safari seperti ini baik Safari Natal pada saat umat Kristen merayakan natal, Safari Ramadhan pada saat umat Muslim melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan maupun Safari Nyepi pada saat saudara kita yang beragama Hindu merayakan nyepi.

Hal ini disamping bertujuan untuk membina silahturahmi tetapi juga sekaligus untuk menjamin terbinanya Tri-Kerukunan Umat Beragama di daerah ini yaitu Kerukunan Antar Umat Beragama, Kerukunan Sesama Agama dan antara umat Beragama dengan Pemerintah.

Melalui safari seperti ini terjalin komunikasi langsung antara masyarakat dan pemerintah dimana masyarakat dapat menyampaikan aspirasi dan harapannya kepada pemerintah sehingga ada hubungan timbal balik dalam pembangunan, sehingga pembangunan daerah dapat dilaksanakan dengan lancar dan berkesinambungan sesuai dengan rencana program daerah yang sudah ditetapkan,kondisi tersebut harus kita pertahankan dan terus kita dorong di masa-masa yang akan datang.

Tema Natal Tahun ini yang telah ditetapkan dan disepakati secara nasional berbunyi ”KEMULIAAN BAGI ALLAH DAN DAMAI SEJAHTERA DI BUMI “ (Lukas 2 :14 ) .

“BERSAMA KITA MENJADI PEMBAWA DAMAI DIDALAM LINGKUNGAN KERJA ,KELUARGA DAN MASYARAKAT “

Tema ini dan sub tema natal kita sungguh nyata mencerminkan kasih dan kemuliaan Allah yang hadir membawa damai sejahtera bagi umat manusia di bumi yang kita rayakan dalam kedatangan Kristus Yesus Sang Jurus Selamat penebus dosa umat manusia.

Ketika Hikmat Allah diabaikan oleh pemimpin bangsa dan warga masyarakat maka kita bisa kehilangan damai sejahtera dalam kehidupan kita ,oleh karena itu mari bersama kita menjadi pembawa damai bagi orang – orang di sekitar kita .

Pada kesempatan ini juga saya,” menyampaikan ucapan terimakasih dan perhargaan atas dukungan seluruh masyarakat sehingga kita telah mampu melaksanakan pembangunan di daerah ini dengan baik.

Mari kita kembangkan terus kerjasama ini dan sekaligus mengharap peran serta dan mengajak partisipasi aktif semua pihak agar pembangunan ke depan lebih maksimal lagi kita laksanakan.

Saya,” juga menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya kepada Camat Awang, seluruh masyarakat seluruh warga Jemaat GKE Berkat Hayaping dan sekitarnya serta semua pihak yang telah berpartisipasi aktif mensukseskan Pelaksanaan Perayaan Natal dan safari natal ini.

Penjabat Bupati Barito Timur Indra Gunawan dalam sambutanya yang dibacakan oleh Asisten III Setda Bartim Edius Uhing, SE, MM tidak lupa Juga mengucapakan,” diakhirnya atas nama Pemerintah Daerah Kabupaten Barito Timur, Pribadi dan Keluarga saya mengucapkan;

SELAMAT MERAYAKAN NATAL 25 DESEMBER 2023 DAN MENYONGSONG TAHUN BARU 1 JANUARI 2024.

KIRANYA TUHAN MEMBERKATI KITA.tutupnya Asisten III Setda Bartim Edius Uhing, SE, MM. (El).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER