Presiden Jokowi Berkantor di Ibu Kota Nusantara, Polda Kaltim Tingkatkan Pengamanan

Presiden Jokowi Berkantor di Ibu Kota Nusantara, Polda Kaltim Tingkatkan Pengamanan

IKN+POLSUSPASKIANA, Polda Kalimantan Timur bersama jajaran TNI meningkatkan pengamanan secara maksimal menyusul kehadiran Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo, yang telah mulai berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN) dalam beberapa hari terakhir. Langkah pengamanan ini dilakukan untuk memastikan kelancaran aktivitas kenegaraan serta menjaga situasi tetap aman dan kondusif di wilayah IKN, Kamis (26/09/24).

Kapolres Penajam Paser Utara (PPU), AKBP Supriyanto, SIK, M.Si, menyampaikan bahwa operasi pengamanan melibatkan personel gabungan dari Polri, TNI, dan instansi terkait lainnya. Para petugas disebar di berbagai lokasi strategis di IKN, termasuk akses masuk, pusat pemerintahan, dan area penting lainnya.

“Kami telah melakukan penempatan personel dengan sangat matang di setiap titik strategis. Kolaborasi antara TNI dan Polri terjalin dengan baik demi memastikan keamanan dan ketertiban di seluruh area IKN,” jelas AKBP Supriyanto.

Pengamanan tersebut dilakukan secara ketat dan terkoordinasi dengan baik, mengingat pentingnya peran IKN sebagai pusat pemerintahan yang baru. Seluruh personel telah dibekali dengan prosedur pengamanan yang rinci dan rutin melakukan patroli guna mengantisipasi potensi gangguan keamanan.

“Kami memastikan setiap personel menjalankan tugasnya dengan penuh disiplin dan profesional. Pemantauan dilakukan terus-menerus agar situasi di lapangan dapat direspons dengan cepat dan tepat,” tambah Kapolres PPU.

AKBP Supriyanto turut mengapresiasi sinergi antara TNI dan Polri dalam menjalankan tugas pengamanan ini. Menurutnya, peran TNI sangat esensial, terutama dalam mengantisipasi segala kemungkinan yang dapat mengganggu jalannya kegiatan presiden di IKN.

“Kami selalu siap siaga untuk menghadapi segala potensi ancaman. Dengan kerjasama yang baik antara TNI, Polri, dan instansi lainnya, situasi di lapangan tetap terkendali dengan baik,” ujar Supriyanto.

Polda Kaltim dan jajarannya memastikan bahwa pengamanan bukan hanya terpusat di area perkantoran presiden, tetapi juga diperkuat di seluruh jalur akses menuju IKN dan wilayah sekitarnya.

“Pengamanan ini adalah bentuk komitmen kami dalam mendukung kegiatan kenegaraan dan memastikan seluruh program pembangunan IKN berjalan lancar tanpa gangguan,” tutup Kapolres Supriyanto.

Langkah pengamanan ini akan terus dilakukan selama Presiden Joko Widodo berkantor di IKN, dengan evaluasi dan peningkatan strategi sesuai perkembangan situasi di lapangan.

( AR. R S.D )

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER