Stop Bullying, jangan hanya slogan

SIDIKALANG-PKRI SASKIA. Menurut data yang dihimpun Media dari berbagai sumber, sepanjang 2023 kasus bullying dilingkungan pendidikan Indonesia meningkat. Kasus kasus ini masih menjadi pekerjaan rumah yang harus diselesaikan Lembaga Pendidikan Indonesia. Perlu dorongan peningkatan Edukasi Literasi perlindungan Anak yang harus dilaksanakan di sekolah sekolah.

Perduli akan hal ini, Kapolres Dairi AKBP Agus Bahari. PA, SIK, M.Si melalui Wakapolres Dairi Kompol Husnul M. Daulay, SH. SIK. M.I.K melaksanakan sosialisasi upaya pencegahan perundungan/bullying untuk mencegah dampak buruk yang terjadi akibat bullying/perundungan dikalangan pelajar. Kegiatan ini dilaksanakan di SMUN 2 Sidikalang pada hari Rabu. 22/5/2024.

Dalam kesempatan itu, Wakapolres Dairi Kompol Husnul M. Daulay, SH. SIK. M.I.K menjelaskan bagaimana dampak bullying yang bisa berakibat buruk kepada korban yang mengalaminya, terutama dikalangan pelajar. Wakapolres juga menjelaskan Bullying adalah tindakan penindasan atau kekerasan yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang untuk menyakiti ataupun menyudutkan orang lain.

Kegiatan ini disambut positif oleh guru sekolah dan seluruh pelajar SMUN 2 Sidikalang. Mereka menyambut baik upaya Polres Dairi untuk mencegah terjadinya aksi bullying/perundungan dilingkungan sekolah. Hal itu terlihat dari banyaknya pertanyaan pertanyaan yang dilontarkan oleh para siswa siswi.

“Melalui bahasa yang sederhana dan mudah dimengerti, kami mendorong anak anak untuk lebih mengerti bagaimana cara untuk menghormati orang orang disekitarnya, mendorong inklusi demi membentuk sekolah yang aman dan nyaman.” ujar Wakapolres Dairi.

“Dalam sosialisasi ini kami juga menyampaikan dampak yang terjadi pada korban bullying seperti memicu masalah mental, gangguan tidur, penurunan prestasi, trust issue atau kondisi ketika seseorang sulit memercayai orang-orang yang ada di sekitarnya, dan berbagai dampak psikologis lain.” tambah Wakapolres Dairi.

Giat sosialisasi ini dihadiri Kasat Binmas Polres Dairi AKP Sulthony Saragih, SH, Wakasek ( Bid. Humas ) SMUN 2 Sidikalang Hendrik Siregar, Guru Guru SMUN 2 Sidikalang, seluruh siswa siswi SMUN 2 Sidikalang berserta seluruh Personil Satpol. Binmas Polres Dairi.

Rep/Mula

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER