PTPN IV Regional I Realisasikan 744,93 Ha Lahan Peremajaan Sawit Rakyat hingga Juli 2024

PTPN IV Regional I Realisasikan 744,93 Ha Lahan Peremajaan Sawit Rakyat hingga Juli 2024

MEDAN-POLSUSWASKIANA, 12 Juli 2024 – PTPN IV Regional I telah merealisasikan peremajaan lahan sawit rakyat seluas 744,93 hektare (Ha) hingga Juli 2024. Angka ini melebihi target yang ditetapkan sebesar 500 Ha untuk periode tersebut. Pencapaian ini diumumkan oleh Region Head PTPN IV Regional I Medan, Ahmad Gusmar Harahap, dalam rapat kerja Board Of Regional Management dengan Direktur Hubungan Kelembagaan PTPN IV.

Gusmar Harahap menjelaskan bahwa realisasi tersebut merupakan hasil sinergi antara PTPN IV Head Office Jakarta dan Regional I Medan, serta kolaborasi eksternal dengan para pemangku kepentingan. Sebagai contoh, pelaksanaan Bimtek/Sosialisasi PSR Pola Kemitraan Kerjasama antara PTPN IV dan Asosiasi Petani Kelapa Sawit PIR Indonesia (ASPEKPIR Indonesia) pada 20 Juni 2024 di Le Polonia Hotel & Convention Medan dihadiri oleh lebih dari 150 petani dari Sumatera Utara dan Aceh.

Total lahan peremajaan yang telah mendapatkan Rekomtek Dirjenbun dan pencairan dana adalah 744,93 Ha, dengan rincian 496,68 Ha dalam proses pengolahan lahan dan 248,35 Ha sudah ditanami. Koperasi dan GAPOKTAN terlibat dalam kegiatan ini termasuk Koperasi Konsumen KUD Aek Raso, Koperasi Meranti Sawit Makmur, serta GAPOKTAN Aek Raso Maju Bersama.

Ditargetkan seluruh penanaman akan selesai pada November 2024. Christian Orchard Perangin-Angin, Kepala Bagian Sekretariat & Hukum PTPN IV Regional I, menambahkan bahwa pencapaian ini menunjukkan komitmen perusahaan dalam meningkatkan ekonomi masyarakat melalui tata kelola sawit yang baik. PTPN IV Regional I berencana untuk melanjutkan program peremajaan sawit rakyat dengan prinsip kehati-hatian dan Good Corporate Governance (GCG).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER