100 HARI PERTAMA PEMERINTAHAN SAFARUDDIN – RIZKI.

PKRI NEWS, SUMBAR. LIMAPULUH KOTA – Menyibak perjalanan pemerintahan Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Rizki Kurniawan Nakasri lebih kurang 100 hari pertama. Tentunya ada tanda-tanya ataupun pujian dari masyarakat terhadap pasangan ini, sejauh mana pelaksanaan program kerja pemerintah yang di dengungkan di dalam visi dan misi Safari untuk mewujudkan Limapuluh Kota MADANI. Hal ini di jawab oleh Bupati Limapuluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo dan Wakil Bupati Rizki Kurniawan Nakasri kepada PKRI Cyber, Senin (7-6-2021) di Sarilamak. Bahwa, dalam penjelasan sebelumnya kami telah sampaikan bahwa terlaksananya kerja-kerja pemerintahan baru adalah memaksimalkan pencapaian program yang telah direncanakan oleh pemerintahan sebelumnya, sebagaimana tertuang di dalam APBD Limapuluh Kota tahun 2021 dengan dasar RKPD tahun 2020, sehingga pemerintahan yang baru menjalankan dan mempertegas program pemerintahan sebelumnya.

Dengan demikian, tugas dan program pemerintahan Safaruddin – Rizki berikutnya adalah meletakkan fondasi untuk perencanaan pembangunan tahun depan hingga “setidaknya” periode kami berakhir, yaitu tahun 2024. Untuk terealisasi program kerja pemerintah daerah dalam rangka mewujudkan Limapuluh Kota MADANI yang mampu menghadirkan kesejahteraan sosial masyarakat yang berkeadilan dengan tatanan kehidupan ” Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah “, fokus kami salah satunya menjalin komunikasi dengan baik terhadap Pemerintah Provinsi maupun Pemerintah Pusat untuk melakukan singkronisasi program. Tujuannya adalah agar program-program Nasional dapat kita eksekusi di daerah, dan program-program daerah mendapatkan kucuran anggaran dari pemerintah pusat.

Dalam 100 hari berjalannya pemerintahan Safaruddin – Rizki, Kabupaten Limapuluh Kota sudah empat kali di kunjungi oleh Menteri/ Wamen dan Insya Allah dalam waktu dekat daerah ini juga akan di kunjungi Menteri Pertanian Republik Indonesia. Upaya yang kami lakukan hingga saat ini, bolak-balik ke Jakarta, semata-mata untuk melakukan lobi ke pemerintahan pusat maupun pertemuan dengan para wirausahawan putra asli Luak Limapuluh. Di samping itu, kami juga sering berkoordinasi dengan Gubernur dan Wakil Gubernur, termasuk juga dengan pimpinan OPD Pemerintah Provinsi. Bahkan hubungan yang terjalin tidak sekedar hubungan atasan – bawahan, tapi seperti hubungan kekeluargaan yang akrab dan dekat.

Apakah ini PENTING dalam mengurus pemerintahan dan apakah ini berpengaruh kepada pembangunan ?. Bupati menjawab dengan tegas, Benar yang di amini Wakil Bupati.

Inilah salah satu tujuan kami, Bupati dan Wakil Bupati sering dinas luar, terutama ke Jakarta. Kami melakukan silaturahmi dengan anggota DPR RI, Mentri, Wakil Mentri, Dirjend dan Direktur-direktur di Kementrian dan anggota DPR RI.

Dengan anggota DPR-RI, tujuan kami adalah,

1. Kita meminta dukungan politik kepada para anggota DPR RI untuk mendapatkan dukungan anggaran dalam rangka merealisasikan program-program besar Nasional di daerah. Anggota DPR RI dengan besarnya kekuasaan dan pengaruh yang diatur oleh undang-undang, tentunya akan sangat besar pengaruhnya dukungan pemerintah pusat kepada Kabupaten Limapuluh Kota. Sehingga banyak yang bisa kita lakukan mulai tahun 2022. Misalnya program pembangunan Ibukota Kabupaten Sarilamak yang kami prediksi membutuhkan anggaran ratusan milyar. Insya Allah dengan dukungan mereka, program ini dapat kita mulai tahun 2022. Tanpa dukungan mereka, atau hanya mengandalkan APBD saja, puluhan tahun dari sekarang, kita belum akan melihat ibukota yang representatif dan membanggakan.

2. Menemui dan mendatangkan Kepala Bappenas atau Mentri PPN. Target kita adalah mendapatkan Dana Alokasi Khusus lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Selain itu juga untuk percepatan dan dukungan pelaksanaan proyek-proyek strategis nasional di Limapuluh Kota. Contohnya monumen Bela Negara. Jika pembangunan ini disegerakan, maka potensi anggaran yang akan masuk ke Limapuluh Kota bisa lebih dari 1 Triliun. Alhamdulillah beliau berkomitmen untuk menyelesaikannya paling lambat tahun 2024. Selain itu kita ingin program-program unggulan bidang pertanian dan pariwisata menjadi program strategis nasional sehingga dukungan anggaran baik dari Pemprov dan Pemerintah pusat berdatangan ke Limapuluh Kota.

Dalam 100 hari pemerintahan Safari , kami menjawab pertanyaan khalayak ramai, seperti 1. Adanya infrastruktur jalan yang rusak maupun ada yang sangat buruk. Bupati dan Wakil Bupati tidak akan bisa memperbaikinya jika tidak ada dalam perencanaan tahun 2020. Lalu apa yang kita lakukan tahun ini ? Kita memasukkannya dalam perencanaan tahun 2021 untuk program pembangunan tahun 2022.

2. SAFARUDDIN – RKN memiliki program unggulan salah satunya membangun rumah sakit. Apakah bisa dilakukan tahun 2021 ?. Jawab nya TIDAK BISA. Kenapa ? Karena belum direncanakan pada tahun 2020. Lalu apa yang kita lakukan tahun ini ?. Tahun ini kita membuat perencanaannya untuk memulai pembangunannya pada tahun 2022.

3. SAFARUDDIN – RKN memiliki program unggulan membangun IKK Sarilamak. Apakah bisa kita bangun tahun 2021?, Jawabannya TIDAK BISA. Kenapa ? Karena tidak ada perencanaan pada tahun 2020. Apa yang kita lakukan tahun ini ?. Kita membuat perencanaannya. Kita membangun komunikasi dengan pejabat berkepentingan, seperti Gubernur/Wagub dan Kementrian.

Jadi tahun 2021 adalah tahun perencanaan dan tahun meletakkan fondasi pembangunan sesuai dengan visi dan misi SAFARUDDIN – RKN, imbuh pemimpin harapan rakyat ini.

Red/Mardianto Anto.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER