Sangat Buruk…!!! Pelayanan Petugas Puskesmas Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara.

Sangat Buruk…!!! Pelayanan Petugas Puskesmas Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara.

PKRI – SUMUT, NIAS. Nias Utara -Pelayanan Kesehatan harusnya berkualitas. Tentu salah satu indikatornya adalah etos kerja Petugas Kesehatan yang harusnya disiplin dan bertanggung jawab. Karena jika hal itu tidak dilakukan, maka akan berdampak pada Pelayanan terhadap Pasien.

Hal ini terpantau saat Awak media berkunjung di Puskesmas Namohalu Esiwa Kabupaten Nias Utara pada hari Kamis (06/01/2022), sekitar pukul 14:00 wib. Hendak bertemu dengan Kepala Puskesmas.

Salah satu Petugas puskesmas MT Hia terlihat sangat tidak etis melayani tamu saat ditanya, Kepala Puskesmas apakah berada ditempat menjawab tidak ada dengan kurang sopan dan kurang menyenangkan dengan membuang tatapan muka kepada tamu.

“MT Hia, bertanya balek dari mana dan apa tujuan bertemu dengan Kepala Puskesmas, tamu menjawab dari Mitra/Media lansung sontak menjawab tidak ada urusannya dengan Wartawan dengan nada kurang sopan/emosi. Disampaikan MT Hia apa Bapak sakit atau berobat itu yang saya layani disini bukan Wartawan dengan jawaban tersebut terjadi perdebatan yang kurang berkenan. Awak Media menjelas kepada MT kita kan sudah sampaikan kepada Ibuk bukan sakit/berobat.

MT Hia, mengatakan tidak ada waktu saya melayani susah berdebat dengan Bapak. Saya ada perlu lalu pergi dengan mengendarai sepeda motornya menghilang tidak kembali mengatakan silakan foto saya tidak takut” Katanya

Saat ditanya didalam ruang tunggu tamu salah satu Petugas MX… mengatakan Kepala Kapus ada mohon ditunggu sebentar sekian lama ditunggu. Salah satu Petugas lain mengatakan Kapus tidak berada ditempat keluar mengantar undangan/pergi karena besok mereka ada acara. Sangat disayangkan keterangan yang berbelit-belit antara Petugas terlihat diduga memberi kode yang seakan jangan dilayani. Semua Kabur dan bersembunyi disalah satu Ruang.

Saat ditanya, buku tamunya mana untuk di,isi purak-purak sibuk mencari akhirnya salah satu Petugas mengatan tidak ada dan tidak punya dan menghilang. Tenyata semua Petugas Puskesmas bersembunyi disalah satu ruang kamar perawat ditanya kenapa menghilang dan kita bukan musuh datang kesini hanya untuk bertemu Kapus kenapa begini pelayanan kalian mencuekin tamu dan ini Instansi Publik “Kata salah satu Tim Media”, semua pada diam dan tidak memberi jawaban/alasan apapun” Bungkam.

Salah satu Tim Media, menghubungi Kepala Dinas Kesehatan Nias Utara saat dilokasi.

Tanggapan Bapak Kadis Kesehatan mengatakan akan di Evaluasi keadaan yg terjadi barusan dan mudah-mudahan kedepan tidak akan terulang lagi. Terkait degan tidak ada Kapusnya diruangan dan Pelayanan Tenaga Medis yang kurang baik/berkenan mungkin karena sibuk dengan Kegiatan persiapan Perayaan Natal yang akan berlangsung besok” Ucap Dinkes.

Dimintak, dalam hal ini kepada Bapak Kadis Kesehatan Nias Utara selaku Dinas terkait, untuk mengevaluasi Petugas-petugas Puskesmas seperti ini. Hal tersebut merupakan tanggungjawab Bapak Dinkes Nias Utara yang barusan dilantik dan memberi Pembinaan yang serius karena hal ini, bisa berdampak kepada Pelayanan Masyarakat yang akan berurusan di Puskesmas Namohalu Esiwa bila tidak segera diberi teguran yang serius.

Serta kepada Kepala Puskesmas Namohalu Esiwa memberi teguran dan pemahaman yang benar kepada bawahan selaku pimpinan dan tata cara ramah tama kepada setiap pengunjung tanpa membedakan-bedakan pelayanan lapisan Masyarakat.

Tim Media akan menyampaikan hal ini Kepada Bapak Bupati Nias Utara atas tidak baiknya Pelayanan di Puskesmas Namohalu Esiwa untuk dibenahi serta memberi teguran bagi ASN yang kurang baik Meyani Masyarakat dibidangnya.

(YASONA ZENDRATO)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER