BATAMAD, Se – Kabupaten Barito Timur gelar kegiatan dalam rangka “PANALU PANGASUNGU”

BATAMAD, Se – Kabupaten Barito Timur gelar kegiatan dalam rangka “PANALU PANGASUNGU”

POLSUSWASKIANA – KALTENG, Tamiang Layang. Barisan Pertahanan Masyarakat Adat Dayak BATAMAD, Se – Kabupaten Barito Timur gelar kegiatan dalam rangka “PANALU PANGASUNGU” kegiatan dilaksanakan diRuang aula Rujab Bupati BarTim.,jam 19.00.wib. Rabu.( 25 Januari 2023).

Yang artinya dalam bahasa Daerah “Dayak Ma”anyan,” diartikan dalam bahasa indonesia ( ” TEMU KANGEN ),” dan bertujuan Kunjungan kerja sekaligus mengadakan pertemuan Deklarasi ,kegiatan ini dipimpin langsung Panglima BATAMAD Yuandrias, Dipl.,PSC.,MA Provinsi Kalteng., didapingi Komandan Brigade BATAMAD.,Hardy Calvijn Agoeh,SH. disertakan Pengurus BATAMAD Se – kabupaten Barito Timur.
,”Saat disambangi untuk dikonfirmasikan oleh awak media, Komandan Brigade Hardy Calvijn Agoeh,SH.

Menyampaikan bahwa dalam sambutan pada acara gelar kegiatan dalam rangka “PANALU PANGASUNGU” yang mana diartikan dalam bahasa Daerah Ma”anyan artinya dalam bahasa indonesia (TEMU KANGEN ),” dari kata atau bahasa “PANALU PANGASUNGU” ini apabila hanya kita gunakan 1 ( satu ) kata PANALU ,” rasanya kurang meresap dan ada rasa kurang lengkap dalam hati , kemudian saya,” mencermati untuk berpikir sejenak guna mencari lawan kata dari “PANALU artinya ( TEMU ), kemudian begitu saya,” mendapatkan satu kosa kata bahasa lagi dengan nama PANGASUNGU ” artinya ( KANGEN ) kemudian saya jadikan satu dalam dua kosa kata yaitu “PANALU PANGASUNGU ” ( “TEMU KANGEN “) bila saling bertemu pasti ada rasa kangen dan sebaliknya bila ada rasa kangen pasti ada rasa ingin bertemu, sehingga pada acara malam ini “Tema”nya saya ambil dengan mencetus nama Tema “PANALU PANGASUNGU “.ujarnya,”

Dilanjutkan Komandan Brigade Hardy Calvijn Agoeh,SH., bahwasannya gelar acara pertemuan dini malam bertujuan Kunjungan kerja Panglima BATAMAD Yuandrias, Dipl.,PSC.,MA Beserta Badan Pengurus dan robongan anggota BATAMAD Provinsi Kalteng., dan sekaligus mengadakan Deklarasi ,yang mana kegiatan Deklarasi nantinya dipimpin langsung oleh Panglima BATAMAD Yuandrias, Dipl.,PSC.,MA Provinsi Kalteng.

,”Lanjut Komandan Brigade Hardy Calvijn Agoeh,SH.dan saya tegaskan,” kususnya untuk seluruh Pengurus BATAMAD se – kabupaten Barito Timur agar tetap berpegang dan berpedoman pada aturan Undang – Undang Hukum yang sudah diberlakukan ini juga, BATAMAD,” adalah satu- satunya organisasi masyarakat yang mana dalam Peraturan Daerah Provinsi Nomor 16 tahun 2008 bersama Dewan Adat dan Demang, disertakan lembaga yang sudah dinaungi payung Hukum,” serta saya,” ( Hardy..red ) berharap dapat menjaga norma – norma Pancasila, Udang – Undang Dasar 1945. serta Berasakan Sumpah Pemuda,” BINEKA TUNGGAL IKA ” Walaupun Berbeda Suku,Ras,Agama,dan Budaya Namun Kita semua satu juga “terkhusus satu dalam persatuan BATAMAD ,” dari Sabang Sampai Marauke.

,”Disampaikan lagi oleh Hardy , ada tugas – tugas pokok yang diberlakukan BATAMAD ada 5 ( lima ) yaitu, pertama ;

1).Menjaga harkat dan martabat Utus Dayak.

2).Menjaga kearifan lokal yang dimiliki masyarakat Dayak.

3). Mengawal semua keputusan damang sesuai dengan koordinasi.

4). Ikut serta mengamankan dan menciptakan keamanan untuk masyarakat Dayak Kalteng.

5). Turut serta mengamankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

,”Dimana tadi juga sebelumnya ini ,sudah disampaikan langsung oleh Panglima BATAMAD Yuandrias, Dipl.,PSC.,MA Provinsi Kalteng.

“Komandan Brigade Hardy Calvijn Agoeh,SH. Barito Timur.Provinsi Kalimantan Tengah., walupun baru tahun lalu dilantik dan dikukuhkan untuk periode masa bakti 2020 – 2025 Memiliki Sosok Jiwa yang Tegas,Arif dan Bijaksana ,” selalu mengutamakan kepentingan masyarakat “Dayak,” dan mengedepankan Ormas BATAMAD ,” untuk satu dan lainnya ,” Patut Sebagai Pemimpin Komandan Brigade BATAMAD. “DIGUMI JARI JANANG KALALAWAH ” Bumi Barito Timur.

Pungkas Hardy,” melalui hati nurani paling dalam dan bersama – sama memiliki hati nurani secara ” IHKLAS ” dalam menjalankan Pungsional tugas masing – masing yang diemban ,dan memiliki rasa tanggung jawab penuh, disertakan ” IHKLAS ” baik tenaga maupun pikiran Saling berbagi pendapat positif,musyawarah untuk mufakat guna dapat menghasilkan pola pikir terbaik,serta yang utamanya mari kita semua agar dapat menjaga ” MARWAH NAMA BAIK KESATUAN ORMAS BATAMAD ”
,”Lanjut Hardy ,Di Mana Bumi Dipijak Disitulah Langit Dijunjung,” dan kita juga harus terstruktur dalam menjalankan Ormas ini, tentunya kebersamaan juga harus kita utamakan ikut serta mendukung dalam menjalankan dan mesukseskan Roda Pemerintahan selama masih bernilai positif,” sesuai program kerja ” BATAMAD” bisa berjalan dengan baik kedepannya,” ujarnya,” “Komandan Brigade Hardy Calvijn Agoeh,SH. Barito Timur., saat mendapingi Panglima BATAMAD Provinsi Kalimantan Tengah Yuandrias, Dipl., PSC.,MA pada giat malam .

Dalam acara kegiatan tersebut dihadiri Bupati Barito Timur Dr.Ampera A Y.Mebas,SE,MM.,Wakil Bupati Habib Soleh.,Pabung 1012.Buntok, Kapolres AKBP Viddy Dasmasela.,S.H.,S.I.K., Ketua Pengadilan atau yang mewakili., Kejari.,Tokoh – tokoh Adat Kab.BarTim dan juga dihadiri langsung Panglima Batamad Provinsi Kalimantan Tengah Yuandrias,Dipl., PSC.,MA. beserta rombangan.dan hadir juga perwakilan BATAMAD dari wilayah kabupaten Tabalong.Provinsi.(KalSel ).(Chuan Li./El ).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER