BPBD Barito Timur Sampaikan Informasi Cuaca dan Himbauan Warga Tetap Dalam Keseharian Wajar

BPBD Barito Timur Sampaikan Informasi Cuaca dan Himbauan Warga Tetap Dalam Keseharian Wajar

PKRI News, KALTENG. Tamiang Layang – Kabupaten Barito Timur – Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan Pemadam Kebakaran Kabupaten Barito Timur menyampaikan prakiraan cuaca hari ini dan potensi bencana di Kabupaten Barito Timur berdasarkan sumber data update dari Badan Meteorologi dan Geofisika (BMKG). Kamis ( 16 Maret 2023 ).

Prakiraan cuaca di sebagian besar wilayah Kabupaten Barito Timur pada hari ini dalam kondisi berawan sejak pagi hingga sore kemudian hujan ringan pada malam hari. Untuk wilayah Kecamatan Patangkep Tutui dalam kondisi hujan ringan siang dan berawan pada pagi dan malam hari Namun demikian, karena dinamisnya kondisi atmosfer dan interaksinya dengan samudera/lautan di wilayah kepulauan Indonesia, maka perubahan keadaan cuaca dapat berubah sewaktu – waktu.

Jika ditinjau dari prakiraan berbasis dampak hujan lebat wilayah Kabupaten Barito Timur dalam kategori waspada adanya dampak yang mungkin terjadi seperti sulit mengendarai kendaraan di jalanan, sebagian kelompok masyarakat terisolir, mulai terjadi kerusakan pada rumah dan bangunan lainnya, sebagian masyarakat kehilangan mata pencaharian dan hewan ternak, jembatan yang rendah tidak dapat dilintasi, gangguan lalu lintas karena jalan utama banjir atau ditutup, mulai terjadi kerusakan pada jalan dan jembatan, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada layanan air bersih/minum, listrik dan gas, gangguan skala sedang dan jangka menengah pada operasional sekolah dan rumah sakit, mulai terjadi kerusakan pada tanggul-tanggul sungai, terjadi longsor, guguran bebatuan atau erosi tanah dalam skala menengah, mulai terjadi wabah penyakit menular, volume aliran sungai meningkat/banjir, terjadi kerusakan pada sebagian tanaman, terjadi pendangkalan pada sungai dan bendungan hingga tidak berfungsi, terjadi aliran puing, lahar atau lumpur dalam skala menengah.

Potensi banjir tingkat rendah hingga menengah diprakirakan akan terjadi di wilayah Kabupaten Barito Timur, yaitu wilayah Kecamatan Dusun Tengah, Paju Epat, Karusen Janang dan Pematang Karau.

Untuk potensi kebakaran hutan dan lahan di wilayah Kabupaten Barito Timur ditinjau dari tingkat kemudahan terbakar di lapisan atas permukaan tanah (FFMC), wilayah Bartim dalam kategori aman. Alang – alang dan dedaunan yang biasanya menutupi lantai hutan dalam kondisi basah dan sulit terbakar.

Ahmad Gazali, S.Pd.I, M.M. selaku Kepala Pelaksana BPBD-Damkar Kabupaten Barito Timur menghimbau kepada masyarakat untuk selalu memperbaharui informasi terkait prakiraan cuaca dan kebencanaan, tidak beraktivitas di luar rumah jika tidak mendesak dan tetap berhati – hati jika beraktivitas di luar rumah, Masyarakat juga diharapkan untuk berhati – hati dan selalu memantau perkembangan kondisi sekitar sehingga resiko bencana dapat diantisipasi, dikurangi dan ditanggulangi.

(Chuan Li)(menier/sumber : BPBD-Damkar Kab. Bartim).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER