RAPAT KOORDINASI PIMPIN BUPATI HUMBANG HASUNDUTAN

PKRI News, TAPAULI. Humbahas. Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,SE yang didampingi oleh Sekda Drs Tonny Sihombing dan Plt Kadis Kesehatan P2KB,dr Gunawan P Sinaga memimpin rapat Koordinasi (rakor) Konvergensi percepatan penurunan stunting yang bertempat di kantor Bupati Humbahas, pada hari senin tanggal 22/5/2023. Dalam rapat Koordinasi itu turut hadir juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Makden Sihombing S.sos, Asisten Adminstrasi Umum Drs Janter Sinaga,Camat serta Kepala UPT Puskesmas se-Kabupaten Humbang hasundutan.

Rapat Koordinasi yang dipimpin oleh Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor,SE menegaskan dalam penanganan stunting harus dilakukan intervensi dini. jadi penanganannya harus dimulai dari penanganan remaja puttri dengan memberikan vitamin kepada setiap remaja puttri mulai dari tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP).

Dalam penanganan stunting, seluruh tenaga Kesehatan agar selalu aktif turun kelapangan untuk memberikan penyuluhan kepada seluruh elemen masyarakat Humbang Hasundutan,dalam rangka penurunan stunting. cek setiap keluarga yang memiliki Balita,melakukan pengukuran dan juga penimbangan. bila ada indikasi stunting, maka segera lakukan tindakan semaksimal mungkin. semua ini dilakukan dengan secara bersama- sama,Camat juga ikut ambil bagian, harus semua berperan aktif. ini tanggung jawab kita semua ” ucap Bupati Humbang Hasundutan Dosmar Banjarnahor.

Pada kesempatan itu juga, dr Gunawan Sinaga menambahkan dalam penurunan angka stunting secara bertahap, semua elemen masyarakat harus dilibatkan. Bidan Desa bersama dengan Kepala Desa dan juga perangkat Desanya harus kompak untuk mendata Warganya, siapa saja yang terkena stunting. data dan juga identitasnya harus jelas siapa yang stunting. kalau sudah terdata, maka Dana Desa bisa di anggarkan untuk keperluan stunting berupa pemberian makanan tambahan, sehingga secara bertahap angka stunting bisa menurun. semua harus kita libatkan baik Kepala Desa harus selalu berkolaborasi” ucap dr Gunawan Sinaga Plt Kadis Kesehatan P2KB.
WERSON TOGATOROP

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER