Bupati Limapuluh Kota Menyerahkan Penghargaan dan Piala Anugerah Pesona Indonesia API-2020 ke Nagari Koto Tinggi.

Bupati Limapuluh Kota Menyerahkan Penghargaan dan Piala Anugerah Pesona Indonesia API-2020 ke Nagari Koto Tinggi.

PKRI NEWS, SUMBAR. LIMAPULUH KOTA – Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt Bandaro Rajo, SH di dampingi Ketua TP PKK Kabupaten Limapuluh Kota Ibu Nevi Zulfia Safaruddin, di sambut oleh anak nagari dengan antusias, namun tertib dalam menjalankan prokes Covid-19.

Dalam acara alek anak nagari yang di hadiri oleh semua unsur masyarakat Nagari Koto Tinggi ini, Bupati menunjukkan apresiasinya terhadap masyarakat Jorong Sungai Dodok Kenagarian Koto Tinggi Kecamatan Gunuang Omeh dan Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB), Selasa (1-6-2021) dan langsung menyerahkan Penghargaan dan piala Anugerah Pesona Indonesia 2020 ke Nagari Koto Tinggi. Anugerah Pesona Indonesia (API) 2020 yang di gelar beberapa hari yang lalu, telah menghadirkan sebuah surprise untuk Kabupaten Lima Puluh Kota Provinsi Sumatera Barat, mendapat penghargaan sebagai Kampung Adat Terpopuler melalui destinasi Kampung Sarugo (Saribu Gonjong) di Jorong Sungai Dodok, Kenagarian Koto Tinggi, Kecamatan Gunuang Omeh.

Penghargaan dan piala yang diterima langsung oleh Bupati Lima Puluh Kota Safaruddin Dt Bandaro Rajo, SH pada malam penganugerahan di Labuan Bajo Provinsi Nusa Tenggara Timur dari Kementerian Pariwisata Ekonomi Kreatif Republik Indonesia ( KEMENPAREKRAG – RI ). Ibarat pepatah, ” Putiah kapeh dapek di liek, putiah hati ba kesadaran “, dalam acara alek anak nagari Koto Tinggi ini, Bupati kembali menyerahkan penghargaan dan piala kebanggaan masyarakat ini kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) masyarakat Sungai Dadok Koto Tinggi.

Dengan terpilihnya Kampung SARUGO sebagai pemenang di ajang Anugerah Pesona Indonesia tahun 2020, tentu kedepannya dapat lebih meningkatkan pesonanya, agar semakin di senangi oleh para pengunjung parawisata. Disamping itu, untuk kelancaran transportasi dan infrastruktur jalan yang layak, Bupati bersama DPRD Limapuluh Kota akan mencarikan solusi terbaik demi mempertahankan prestasi ini, karena untuk mempertahankan lebih susah daripada meraih, kata Bupati.

“Tentu ini bisa menjadi contoh bagi nagari lain. Penghargaan ini kami serahkan ke Nagari Koto Tinggi. Kedepan perlu kesiapan lebih matang. Tanggung jawab bupati bisa menyempurnakan kekurangan yang ada saat ini, mulai dari transportasi, akses jalan dan fasilitas penunjang lainnya,” kata Bupati.

Pada kesempatan yang sama, Rektor Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat (UMSB) Dr.Riki Saputra, MA mengatakan, API 2020 yang menjadikan kampung sarugo sebagai kampung wisata terpopuler, merupakan sebuah anugerah yang prestisius. Karena pada dasarnya, semuanya ini berangkat dari semangat dalam menghargai sebuah proses dan bukan semangat untuk mencari penghargaan dari sebuah kompetisi.

Sehingga semangat masyarakat Jorong Sungai Dodok mendapatkan penghargaan yang sangat luar biasa, imbuh Rektor ini.
Alek anak Nagari Koto Tinggi ini di tutup dengan pengukuhan kelompok sadar wisata ( POKDARWIS ) Kecamatan Gunuang Omeh oleh Bupati Limapuluh Kota.

Red/Mardianto Anto

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER