Camat Idanogawo Angkat Bicara : PEMDES Laowo Hilimbaruzo Mengabaikan Kepentingan Umum.

POLSUSWASKIANA – SUMUT, Nias – Beredarnya Rumor dikalangan Masyarakat Kabupaten Nias, terkait Surat Himbauan Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo, Antonius Sudirman Zai, AMK tanggal 12 Mei 2022 melalui Kepala Desa Laowo Hilimbaruzo, tentang Informasi Vaksinasi Warga Desa Laowo Hilimbaruzo, Kecamatan Idanogawo, Kabupaten Nias tanggal (15/05/2022) Waktu Pelaksanaan Vaksinasi diabaikan Temazaro Waruwu, Rabu (25/05/2022)

Diduga Kepala Desa Laowo Hilimbaruzo, Temazaro Waruwu tidak menyampaikan Surat Tembusan Himbauan Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo tersebut kepada Warganya atau melalui Sekretaris Jemaat Gereja BNKP dibeberapa di Desa Laowo Hilimbaruzo, saat Tim Vaksinasi UPTD Puskesmas Idanogawo tiba dilokasi pada tanggal (15/05/2022) Minggu, Masyarakat terkejut dikarenakan tidak mendapatkan Informasi Pemberitahuan/Himbauan dari Dinas terkait.

Saat dikonfirmasi Wartawan (24/05/2022), Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo Antonius Sudirman Zai, AMK, melalui WhatsApp terkait Berita yang saat ini beredar Rumor dikalangan Masyarakat Kabupaten Nias.

Antonius Sudirman Zai, AMK mengatakan, saya hanya mau katakan bahwa apapun Tanggapan dan Pernyataan orang lain saat ini, Faktanya bahwa Saya dan Tim Vaksinasi alami pada saat kami Petugas Kesehatan sampai di Gereja BNKP Laowo Hilimbaruzo, kami dapatkan Informasi bahwa Surat dari pihak Puskesmas Idanogawo yang ditujukan untuk Pemberitahuan Kegiatan Pelayanan Vaksinasi belum sampai kepada Pengurus Gereja sehingga tidak di Umum kan saat Kebaktian Berlansung”

“Warga Jemaat semuanya bubar dan tak ada yg mau di Vaksinasi dengan alasan belum dapat Informasi sebelumnya dari Dinas terkait.

Akhirnya saya menugaskan Staf Puskesmas Idanogawo yg ikut serta saat itu menggunakan Ambulance melakukan Pengumuman Keliling kepada Warga Desa Laowo Hilimbaruzo melalui Siaran Keliling sekaligus Memobilisasi Warga Ke-tempat Vaksinasi dan menugaskan Bidan Desa untuk memanggil Warga dari Rumah Ke Rumah untuk datang di Vaksin di tempat Pelaksanaan Vaksinasi yakni di teras depan Gereja BNKP Laowo Hilimbaruzo.”Jelas Kapus Idanogawo Antonius Sudirman Zai, AMK.

Lanjut Kapus Idanogawo, saya Perintahkan Bidan Desa untuk menjemput Warga Ke-Rumah masing-masing yang begitu jauh dari Lokasinya Pelaksanaan Vaksinasi, bayangkan Bidan Desa menyeberangi Sungai Na’ai hingga bolak-bolek, tanpa ada Pendamping dari Kepala Desa Laowo Hilimbaruzo atau Jajarannya.

Tanggapan Camat Idanogawo, Anotona Harefa, S.Pd, ketika dikonfirmasi Media Ini melalui WhatsApp tanggal (24/05/2022) mengatakan, tanggapan saya tentang Surat Himbauan Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo tanggal (12/05/2022) kepada Masyarakat Desa Laowo Hilimbaruzo tentang Pelaksanaan Vaksin tanggal (15/05/2022), itu sangat disayangkan Gagal Pelaksanaannya,”

“Kegiatan yang di Valisilitasi Kepala UPTD Puskesmas Idanogawo beserta Tim Vaksinasi merupakan Kepentingan Masyarakat Desa Laowo Hilimbaruzo menyelamatkan Nyawa Manusia dari bahayanya Corona Virus Diasease atau biasa disingkat Covid-19 adalah Penyakit Menular dan Mematikan.” Ujar Camat.

Lanjutnya Camat Idanogawo Anotona Harefa, S.Pd, tujuan Vaksinasi kepada Masyarakat untuk Memutus Mata Rantai Penyebar Luas Virus Covid-19. Ini sangat disangkan terjadinya kegagalan Vaksinasi karena Kepala Desa Laowo Hilimbaruzo, Temazaro Waruwu, mengabaikan Kepentingan Umum/Masyarakat yang seharusnya itu merupakan Tupoksi nya sebagai Kepala Pemerintahan di Desa Laowo Hilimbaruzo.” Cetus Camat Idanogawo Menyangkan Kinerja Pemdes Laowo Hilimbaruzo Temazaro Waruwu”.

Ketika dikonfirmasi Kepala Desa Laowo Hilimbaruzo Temazaro Waruwu, melalui WhatsApp terkait Rumor yang Beredar dikalangan Masyarakat Kabupaten Nias, tidak Menanggapi Chat Wartawan Walau sudah melihat tertanda Ceklis “II” menunjukan warna Biru.

Menurut Informasi dilapangan Kepala Puskesmas Idanogawo didampingi, Babinsa Koramil 03/Idanogawo, Anggota Polsek Idanogawo, Pegawai UPTD Puskesmas Idanogawo dan Tim Petugas Vaksinasi Lainnya. (YZ)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER