Plt.Wali Kota Pematangsiantar Ibu dr. Susanti Dewayani, Sp.A Hadiri Peringatan Hari Buruh (May Day) Tahun 2022 Kota Pematangsiantar. 

POLSUSWASKIANA – SUMUT. Siantar. Kegiatan May Day kali ini diawali dengan Laporan Ketua Pelaksana yang menyampaikan ucapan Terima kasih atas kesempatan yang berbahagia ini kami sedikit menjelaskan kenapa Peringatan Hari Buruh kali ini dilaksanakan pada hari ini bukan tepat di tanggal 1 Mei. Karena kami mengedepankan sikap toleransi karena pada tanggal 1 Mei kemarin adalah akhir dari masa bulan puasa, Bulan Suci Ramadhan.

Panitia mengapresiasi kepada Ibu Plt.Wali Kota yang sudah meluangkan waktu hadir di acara ini untuk melihat kami kaum buruh yang masih berjuang terhadap hak-hak normatif. Kegiatan ini merupakan bentuk peringatan kaum buruh untuk mencapai cita-citanya yang selama ini berjuang dalam hal berkarya.

Pada hari ini, Serikat Pekerja berkumpul merayakan Hari Buruh Internasional semoga para buruh bisa bersatu dalam menyampaikan tuntutan dan para pengusaha bisa koperatif terhadap keberadaan hal-hal yang menjadi keluhan-keluhan yang menjadi beban pikiran kaum buruh”.

Pada peringatan hari Buruh sedunia (May Day) Plt.Wali Kota Pematangsiantar menyampaikan,

Mengawali sambutan ini, saya pribadi dan atas nama Pemerintah Kota Pematangsiantar mengucapkan selamat memperingati Hari Buruh Se-Dunia kepada seluruh pekerja di Kota Pematangsiantar yang kita cintai ini.

Peringatan Hari buruh Se-Dunia tanggal 1 Mei setiap tahunnya pada dasarnya dapat dijadikan sebagai momentum untuk mengingatkan kita semua akan pentingnya komitmen guna membangun kembali hubungan industrial yang bermartabat dan memupuk hubungan dunia ketenagakerjaan yang harmonis antara pekerja, pengusaha, serta pemerintah (Tripartit), sekaligus sebagai momentum untuk mengurai permasalahan dan problematika ketenagakerjaan serta gejolak yang berhubungan dengan ketenagakerjaan yang terjadi selama ini. Dengan demikian akan tercapai win-win solution dan keharmonisan antara pengusaha dengan pekerja. Apalagi jika mengingat kedua belah pihak pada dasarnya bukan bersaing, melainkan mitra yang harus berjalan beriringan, serta di antara keduanya harus terjadi simbiosis mutualisme.

Lebih dari itu, Peringatan Hari Buruh se-Dunia setiap tahunnya, secara esensi memiliki makna yang begitu mendalam bagi seluruh pekerja, yaitu memberikan pelajaran dan semangat perjuangan yang begitu berharga bagi seluruh pekerja, untuk mampu menghadapi perubahan serta tantangan di tataran nasional, regional, dan global, terutama sejauh mana pekerja mampu untuk mempersiapkan diri menghadapi persaingan tenaga kerja.

Pandemi covid-19 yang terjadi sejak dua tahun lalu tidak dipungkiri telah menghantam berbagai sektor, termasuk dunia usaha. Tidak sedikit perusahaan terpuruk dan terpaksa melakukan efisiensi, termasuk mengurangi jumlah pekerja. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan. Pemerintah sendiri telah melakukan berbagai upaya untuk mengurangi beban masyakarat, termasuk para pekerja yang mengalami pemutusan hubungan kerja.

Berkaitan dengan hal tersebut, kepada instansi Pemerintah yang membidangi ketenagakerjaan maupun dunia usaha, saya harap untuk bersama-sama bekerja sama, bersinergi, dan berkolaborasi secara proaktif serta menyeluruh dalam rangka meningkatkan kemampuan tenaga kerja kita agar semakin handal dan berkualitas serta menguasai pengetahuan serta teknologi yang terus berkembang, baik dengan memberikan motivasi, pelatihan, pengembangan kerja, kompetensi, dan promosi.

Sekali lagi saya ucapkan selamat Memperingati Hari Buruh se-Dunia (May Day) di Kota Pematangsiantar Tahun 2022. Semoga Tuhan yang Maha Kuasa senantiasa Meridhoi segala upaya kita untuk mewujudkan Pematangsiantar Sehat, Sejahtera, dan Berkualitas. Demi Pematangsiantar Bangkit dan Maju”.

Yang dilanjutkan dengan Pemotongan Tumpeng oleh Plt Wali Kota Pematangsiantar sekaligus penyerahan potongan tumpeng kepada perwakilan Serikat Buruh.

Hadir pada acara tersebut :

Para Unsur/Perwakilan FORKOPIMDA Kota Pematangsiantar.

Ketua Dekranasda Kota Pematangsiantar H. Kusuma Erizal Ginting.

Sekretaris Daerah Kota Pematangsiantar, Budi Utari, AP.

Kepala Disnaker Kota Pematangsiantar, Lukas barus.

Kepala Kesbangpol Kota Pematangsiantar, Sofie Saragih. S.STP.

Kasatpol PP Kota Pematangsiantar, Drs. Robet Samosir.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan.

Serikat Buruh Se-Kota Pematangsiantar.

Para Tamu Undangan.

Rep/Gisel.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER