Pemkab Bartim Apresiasi Pencanangan Kampung Pancasila Berkah.

POLSUSWASKIANA – KALTENG, BARTIM. TAMIANG LAYANG-Pemerintah Kabupaten Barito Timur mengapresiasi pencanganan Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah Kabupaten Barito Timur sebagai Kampung Pancasila Berkah. Apresiasi tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, SE, M.Si dalam sambutanya pada acara Launching Kampung Pancasila Berkah di Desa Sibung akhir pekan lalu.

Sekretaris Daerah Kabupaten Barito Timur Panahan Moetar, SE, M.Si saat berbincang dengan Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono pada acara launching Kampung Pancasila Berkah di Desa Sibung Kecamatan Raren Batuah, Sabtu (2/7) lalu.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Barito Timur kami sangat mengapresiasi dan berterima kasih kepada Komandan Korem (Danrem) 102/ Panju Panjung dan secara khusus Dandim 1012 Buntok atas dilaksanakanya Launching Kampung Pancasila Berkah ini,” terang Sekda Bartim Panahan Moetar.

Panahan Moetar menjelaskan dipilihnya Desa Sibung, Kecamatan Raren Batuah sebagai Kampung Pancasila Berkah memiliki makna dan nilai tersendiri. Pasalnya, rasa toleransi, kebersamaan, dan semangat kegotong royong masyarakat di Desa Sibung dinilai sangat tinggi.

“Nilai-nilai toleransi, kebersamaan, semangat gotong royong harus kita hidupkan kembali di tengah-tengah masyarakat kita. Apabila kita tidak meningkatkan kembali nilai-nilai Pancasila, maka rasa kebersamaan, rasa gotong royong itu akan terkikis sedikit demi sedikit,” jelas Sekda Bartim.

Oleh karena itu, Sekda Bartim menitip pesan kepada tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh pemuda yang ada di Desa Sibung agar kembali menggiatkan rasa toleransi, rasa kebersamaan dan juga membangkitkan kembali semangat gotong royong di Desa Sibung.

Sementara itu Dandim Dandim 1012 Buntok Letkol Inf Hendro Wicaksono dalam sambutannya mengatakan Kampung Pancasila Berkah bertujuan untuk mengedukasi generasi muda agar siap merawat Pancasila, serta siap menghadapi tantangan dan perubahan ke depan.

Dandim 1012 Buntok inipun berharap generasi muda saat ini bisa diarahkan dengan baik, sehingga siap dan mampu memanfaatkan peluang. Hendro Wicaksono menambahkan rencana kedepannya tak hanya Desa Sibung yang dicanangkan sebagai Kampung Pancasila Berkah, namun ada desa-desa lain di 10 kecamatan wilayah Kabupaten Barito Timur akan menyusul untuk dicanangkan sebagai Kampung Pancasila Berkah.

“Program selanjutnya sudah kita rencanakan akan ada lagi pencanangan satu Kampung Pancasila Berkah, kita pilih satu desa perkecamatan di Bartim,” ucapnya (Chuan Li). Sbrt:(cak)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER