TAIWAN TECHNICAL MISSION BUKTIKAN BAWANG MERAH TUMBUH DI AREAL HUMBAHAS

TAIWAN TECHNICAL MISSION BUKTIKAN BAWANG MERAH TUMBUH DI AREAL HUMBAHAS

PKRI News, TAPAULI Humbahas.  Pengembangan food estate kabupaten Humbang Hasundutan, Taiwan Technical Mission membuktikan bahwa bawang merah tumbuh baik di areal pengembangan food estate yang di perlihatkan pada acara” Penanaman Bawang Merah pertama” untuk areal 5 Ha, dan yang selanjutnya pada 17 Mei 2023 di percontohan Poktan Sinar Jaya, dengan sebelumnya bawang merah itu sudah ditanam di areal percontohan.

Pada penanaman bawang merah di areal percontohan terbukti bahwa bawang merah bisa tumbuh baik di areal pengembangan food estate dengan pola penanaman yang sesuai standar operasional prosedur ( SOP) yang di terapkan oleh Taiwan Technical Mission ( TTM) . Pemerintah Humbang Hasundutan bersama dengan masyarakat sepakat memberikan penyediaan lahan untuk TTM untuk membuat percontohan di food estate. Kami bertanam bawang merah dengan pengelolaan pertanian mulai dari pengolahan lahan, pemilihan bibit, ketersediaan air, dan juga perawatan tanaman. Pengelolaan lahan untuk bukaan lalu kita mengukur kemiringan tanah dan kita coba ratakan . Untuk mempertahankan air siraman merata dan tidak selalu mengalir ke lahan yang rendah. Kita menambahkan pupuk kompos untuk 1 Ha 40 Ton kompos , sehingga PH yang kita harapkan bisa baik dan tanah nya bisa bagus karena tidak lengket ( tanah liat ) . Kita juga menambahkan 700 Kg BPK untuk Nutrisi.

Setelah penanaman, kita tidak menggunakan mulsa tetapi terbuka dan dalam perawatan kita menggunakan tenaga kerja para petani sehingga rumput tidak tumbuh. Kelembaban tanah tetap harus dijaga karena bawang merah butuh air setiap harinya. Oleh karena itu kita menyediakan penampungan air untuk lahan 5 Ha kita menyiapkan tiga (3) penampungan air.

Pada penanaman bawang merah ini, hadir kepala Taiwan Technical Mission (TTM) di Indonesia, Mr. Dennis Kao Specialist Hortikultura Development Project , Mr. Chiu ,Chien- Hsiang (Joe), Manager Lapangan Food Estate Dr. Van Basten, Kadis Pertanian, Ir. Junter Marbun, Kadis Kominfo Batara F . Siregar.SE, Camat Pollong Imron Banjarnahor, Kepala Desa Siria- ria dan juga Kelompok Tani. Usai dari penanaman bawang merah, rombongan bergerak meninjau Rumah Kemasan di Dolok Sanggul.

( Werson Togatorop)

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER