Satgas fire fighter musnahkan sijago merah dilahan milik warga.

Satgas fire fighter musnahkan sijago merah dilahan milik warga.

PKRI NEWS, KALTENG. Bartim – Kejadian lahan terbakar terletak di wilayah jl dorong, kampung baruh, lokasi lahan tidak jauh dari perumnas desa dorong atau belakang gedung olah raga futshal, dengan luas kurang lebih 1/2 hektar. waktu kejadian 12.15 wib.(28-07-2021) dan dengan sigap di padamkan team fire fighter.

Dalam Kronologis kejadian yang dihimpun, awak media saat di tempat kejadian kebakaran lahan. bahwa titik api berasal dari pemilik lahan yang akrab di panggil Nina (37) thn atau/ mama oca.

Berawal Nina datang kelahan dengan keluarga suami dan anak untuk membersihkan lahan membuat rumah sekaligus berkebun, seperti kegiatan rutin, lalu Nina mengumpulkan Rating kering dan rumput yang di bakar sedikit demi sedikit. sudah merasa tengah hari atau menunjukkan jam.11.54.wib. mereka pun pulang kerumah jl nansarunai.

Selang beberapa menit – tiba-tiba ada informasi kebakaran lahan seperti lahan yang dimaksud,” maka kami terkejut bertanya-tanya apa mungkin lokasi kebakaran itu tempat lahan lahan kita? Padahal api sudah kami padamkan,

Tanpa pikir panjang kami haluan untuk kembali kelahan dan sesampainya dilahan ternyata api sudah membesar dan upaya kami berdua untuk ,memadamkan api tanpa adanya sumber air maks merasa sulit api untuk dipadamkan, sampai-sampai tangan suami saya di bagian kiri terbakar.

Dengan keadaan melihat suami luka bakar saya utamakan ambil sikap mendekati suami yang berada sedikit lagi terkurung api.

Dengan hal tersebut saya pun segera ,telpon anak-anak yang ada di rumah sewa jl nansarunai, tiba-tiba bantuan pun datang dengan cepat dari pihak aparat desa dorong sebut saja Pak Epang yang dibantu Babinkamnas akrab di panggil Finai.

Pihak pemilik lahan “kami terkejut dengan adanya informasi kebakaran hutan yang titik api tidak jauh dari kebun masyarakat dan kami langsung berangkat ketempat kejadian” dengan adanya kejadian ini saya menghimbau agar masyarakat jangan sembarang dengan mudah meninggalkan lahan sebab ada undang -undang Polri melarang bahaya dari pembakaran lahan hutan dan lahan kebun ,”Pungkasnya.

Tidak lama 2(dua) buah unit mobil Damkar datang dengan segera api dipadamkan, merasa air 2(dua) Tangki mobil kurang mendapatkan air lagi sehingga menjadi 4 (empat) selisih beberapa menit kemudian dari anggota Polresta dan anggota Polsek dusun timur kab. barito timur untuk mengkodisikan Tepat Kejadian Perkara.

Menurut pemilik tanah yang bersambitan lahannya terbakar Pak Janu dan Pak Tono,serta mama Puput tidak merasa keberatan karena kami pemilik kebun bersambitan dengan lahan Nina atau /mama oca,” kami tidak mempermasalahkan dan kami bersambitan berdamai dengan adanya kejadian yang juga tetimpa sehingga api merembet ketanah kebun ikut terbakar,karena ini adalah musibah yang tidak sengaja,”ujarnya di akhir wawancara oleh awak media. (El).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER