Tanaman Bonsai Dari Komunitas Nansarunai Jaya Turut Hiasi Bartim Expo Tahun 2022.

POLSUSWASKIANA – KALTENG, BARTIM.– Momentum hari jadi Kabupaten Barito Timur yang ke- 20 kali ini terlihat sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Kalau sebelumnya tidak pernah ada tanaman bonsai yang menghiasi stand peserta pameran. Tapi pada momentum HUT Bartim tahun ini bosai turut ditampilkan oleh Komunitas Nansarunai Jaya yang turut ambil bagian dalam kegiatan Bartim Expo ini.

Bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot dangkal dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas.

Jhony selaku pemilik tanaman bonsai menjelaskan bahwa dirinya baru pertama kali memajang tanaman binaannya pada giat pameran.

“Saya baru kali ini mengikuti pameran untuk menampilkan bonsai, bonsai yang ada ini dijual dari harga Rp. 50 Ribu hingga Jutaan”, terangnya dilokasi pameran, Rabu 20 Juli 2022.

Event kejuaraan bonsai ini cukup ramai dari tingkat daerah hingga event nasional dan nilai ekonominya juga cukup tinggi.

Untuk saat ini belum ada komunitas bonsai, harapan kedepannya di Barito Timur akan ada komunitas bonsai,” uturnya.

” Di daerah lain sudah terbentuk komonitas, diantaranya di Muara Teweh, Sampit dan daerah Kalsel.

Harapan saya jangan sampai para pecinta bonsai di Barito Timur ketinggalan dengan daeah lain,” katanya.

Jhony mengungkapkan bahwa dirinya sudah 12 tahun mengeluti dunia bonsai dengan jumlah tanaman bonsai puluhan pohon dan cara merawatnya pun cukup mudah, rutin disiram setiap hari, diberi pupuk dan dibentuk sesuai dengan yang kita inginkan,” katanya.

Dijelaskanya bahwa saat ini cukup banyak petani bonsai di Barito Timur, seperti di Ja’ar, Dayu, Ampah, Tampa namun dirinya menyayangkan sampai dengan saat ini komunitas tanaman bonsai belum terbentuk dan belum mendapat dukungan penuh dari pemerintah daerah.

Dirinya juga menyampaikan kalau di Barito Timur banyak jenis pohon yang bisa dibentuk menjadi bibit bonsai.

Dikatakan, selama menekuni dunia bonsai dirinya berhasil mengkobinasikan berbagai jenis tanaman seperti serut, sancang, dan lainnya sehingga perpaduannya menjadi bonsai yang terlihat unik. (AS).

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER