Malam Pengumuman Penganugrahan Destinasi Wisata Terbaik Tingkat Nasional, Limapuluh Kota Masuk Sebagai Juara I.

Malam Pengumuman Penganugrahan Destinasi Wisata Terbaik Tingkat Nasional, Limapuluh Kota Masuk Sebagai Juara I.

SEKAYU SUMSELPKRI NEWS. Malam puncak penganugerahan destinasi wisata terbaik tingkat Nasional bergemuruh dengan tepuk tangan kegembiraan, ketika panitia Anugerah Pesona Indonesia 2021 mengumumkan pemenang dari berbagai kategori bertempat di Stable Berkuda Kota Sekayu Kabupaten Musi Banyu Asin Provinsi Sumsel, Selasa ( 30-11-2021 ).

Kategori Cultural Attraction API Award 2021 dengan 50 nominasi terbaik, juara III di raih oleh Kota Ambon, juara II di raih oleh Kabupaten Sidoarjo Jawa Timur dan pada posisi juara I di raih oleh Atraksi Bakajang Nagari Gunung Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru Kabupaten Limapuluh Kota Provinsi Sumbar.

Tepat pada pukul 22.15 WIB, setelah di sampaikan MC acara, Bupati Limapuluh Kota lansung melangkah ke arah panggung dengan terlebih dahulu memberikan sapaan hormat kepada Menteri Parekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno dan para petinggi di barisan depan VVIP untuk menerima piala juara I Anugerah Pesona Indonesia 2021.

Bakajang merupakan tradisi yang di geluti turun temurun oleh masyarakat Nagari Gunung Malintang Kecamatan Pangkalan Koto Baru dalam menyambut dan memeriahkan hari raya Idul Fitri, untuk melakukan silaturahmi dengan sanak saudara handai taulan dengan sampan yang di hias manyerupai kapal pesiar atau berupa kapal ferry sepanjang sungai / batang Mahat.

Tradisi Bakajang sudah menjadi bagian dari budaya masyarakat di Pangkalan dan Kapur IX yang masih terjaga kelestariannya.

Sampai saat ini, dengan mengikuti perkembangan zaman tradisi Bakajang selalu di gelar semakin meriah, untuk menghias sampan tersebut hingga menyerupai sebuah kapal pesiar atau kapal ferry masyarakat mengeluarkan biaya antara 12 sampai 15 juta rupiah.

Sehingga atraksi Bakajang menjadi sarana hiburan dan tujuan rekreasi yang menarik minat pengunjung lokal maupun dari luar daerah, tentunya atraksi tersebut menghadirkan pesona yang menyajikan hiburan yang menarik bagi para pengunjung dalam berwisata.

Malam puncak penganugerahan Nominasi API Award 2021 di buka langsung oleh Menteri Parekraf RI Sandiaga Salahuddin Uno yang di hadiri oleh Gubernur Sumsel dan 50 Kepala Daerah beserta tamu undangan lainnya se Indonesia.

Red/ Mardianto/Rohman.

Totop Troitua ST

Pendiri MB PKRI CADSENA dan Owner PT MEDIA PKRI CYBER